Penggerebekan kasus narkoba di Kampung Bahari, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya meminta bantuan emak-emak di Kampung Bahari, Jakarta Utara, untuk ikut proaktif dalam mencegah peredaran narkotika di wilayahnya. Para emak-emak diminta melaporkan jika mengetahui ada transaksi jual beli narkoba.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Kombes Mukti Juharsa mengatakan pihaknya saat ini melakukan sosialisasi Kampung Bersinar singkatan dari Bersih dari Narkoba. Katanya, program tersebut termasuk dalam program “Emak-emak Tangguh”.

“Kita sama-sama membasmi narkoba dengan cinta di Kampung Bahari ini. Ini program Emak-emak Tangguh. Nanti akan kita buat dengan program Kampung Tangguh, supaya memberikan informasi,” kata Mukti, Sabtu (14/1/2023).

Menurut dia, peran serta emak-emak diharapkan memberikan andil untuk mencegah keluarganya terjerumus dalam kasus narkoba.

“Jadi dengan cinta ini, mencintai keluarga untuk membebaskan dari narkoba. Saya harapkan program ini bisa jalan terus dan bisa menghapus peredaran narkoba di Kampung Bahari,” ujarnya.

Untuk mempermudah dalam hal pengaduan, Mukti memberikan nomor pribadinya kepada masyarakat. Dia menegaskan, hal tersebut diambil demi menghapus peredaran narkotika dan menghapus citra Kampung Baharu sebagai Kampung Narkoba.

“Saya sudah memberikan nomor pribadi saya kepada masyarakat untuk melaporkan kepada saya tentang kegiatan bandar atau pengedar kalau ada di Kampung Bahari. Tujuan kita adalah menghapus narkoba dan stigma yang selama ini melekat pada Kampung Bahari yang rawan peredaran narkoba,” pungkasnya.