Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan pers terkait bentrokan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Morowali Utara Sulawesi Tengah, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

JAKARTA, Eranasional.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut berbelasungkawa terhadap korban meninggal insiden bentrokan antar pekerja Pabrik Smelter PT Gubbuster Nickel Industri (PT GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Bentrokan ini kata Listyo dipicu sebab adanya provokasi ajakan mogok kerja.

“Kami dari pihak kepolisian menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga korban terkait peristiwa bentrok yang terjadi,” ungkap Kapolri Listyo dalam keterangannya dalam acara pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

Lanjut Listyo, selain adanya provokasi ajakan mogok kerja juga ada beberapa peristiwa terkait masalah industrial yang saat itu dirundingkan.

Listyo lanjut mengatakan, munculnya video viral di media sosial seolah-olah terjadi pemukulan oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI), sehingga memicu bentrokan antar pekerja terjadi.

“Kemudian akibatkan terjadinya penyerangan antar mereka,” terangnya.

Dari insiden bentrokan ini kata Listyo, pihaknya telah mengamankan 71 pelaku,17 orang di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Saat ini kegiatan terkait dengn peristiwa itu sudah bisa diatasi oleh kepolisian, beberapa pelaku perusakan sudah diamankan kurang lebih 71 dan 17 saat ini sudah tersangka,” ujarnya.

Sebelumnya, bentrokan antar pekerja PT. GNI terjadi pada Sabtu Malam, 14 Januari 2023. Akibatnya bentrokan ini akibatkan jatuhkan dua korban jiwa TKI, dan satu korban jiwa TKA.