Foto: Ganjar Pranowo.

JAKARTA – Kelompok yang menamakan dirinya Ganjarian melakukan deklarasi dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mereka menilai Ganjar sebagai sosok penerus Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ketua Umum Ganjarian Muhammad Guntur Romli menyebutkan deklarasi ini merupakan gerakan murni masyarakat yang yakin sosok Ganjar dapaat meneruskan pemerintahan Jokowi.

“Karena kami memiliki keyakinan bahwa Ganjar pranowo adalah sosok dari penerus dan pelanjut dari Presiden Joko Widodo,” ungkapnya usai acara deklarasi yang berlangsung di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Januari 2023.  .

Guntur menyatakan Ganjarian merupakan perkumpulan masyarakat lintas agama, lintas partai politik (parpol), lintas suku, dan berbagai macam profesi. Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu pun mengatakan mereka memberikan dukungan kepada Ganjar setelah melihat rekam jejaknya sebagai  Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Guntur Romli menilai Ganjar mampu meningkatkan perekonomian, menambah investasi, menjaga kerukunan beragama, anti radikalisme dan anti korupsi selama memimpin Jawa Tengah.

Selain itu, “Kita lihat bagaimana pak Ganjar, saat pertama (Ganjar) orang yang diterima di semua kalangan orang.”

Dia juga menyatakan mereka mendukung Ganjar maju pada Pilpres 2024 dengan mempertimbangkan sejumlah hasil survei. Berbagai lembaga survei memang terus menempatkan politikus PDIP tersebut sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi, bersaing dengan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Kita melihat hasil survei, bagi kami semua dari rakyat Indonesia permintaan dari Indonesia yang menginginkan Ganjar Pranowo sebagai presiden Indonesia tahun 2024, sebagai pelanjut dan penerus dari bapak Joko Widodo,” kata dia.

Romli menyatakan Ganjarian terdiri dari masyarakat yang tersebar di 38 provinsi, 294 kota juga berbagai komunitas yang berasal dari dalam dan luar negeri.

“Kami hanya ingin menyatakan bahwa ini benar-benar dukungan yang natural yang datang dari suara rakyat, dari suara warga negara Indonesia,” ujarnya.

Menanggapi soal belum dipastikannya Ganjar sebagai calon presiden dari PDIP, Romli menyatakan mereka menghormati mekanisme internal partai berlambang banteng itu. Yang penting, kata Romli, aspirasi mereka tersampaikan dan di didengar oleh elit partai.

“Disampaikan daripada eli partai, bahwa ini lho ada suara masyarakat, aspirasi masyarakat yang menginginkan secara kuat Ganjar sebagai presiden,” kata dia.

Soal siapa yang akan menjadi pendamping Ganjar, Romli menyatakan mereka tak mempermasalahkannya. Dia pun menyatakan siap menghormati siapa pun calon wakil presiden yang dipilih Ganjar.

“Kami cuma fokus pada sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sebagai dukungan, siapapun cawapresnya kami akan mengikuti apa yang dipilih pak Ganjar,”

Selain Guntur Romli, deklarasi Ganjarian ini juga diikuti sejumlah publik figur seperti Ade Armando, Eko Kuntandhi dan  Addie MS.

Langkah Ganjar Pranowo untuk maju pada Pilpres 2024 hingga saat ini masih terganjal oleh PDIP. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam acara hari ulang tahun partainya yang ke-50 beberapa waktu lalu sempat menyatakan tak akan tergesa-gesar mengumumkan siapa calon yang akan mereka usung.

Megawati pun menegaskan bahwa urusan capres dan cawapres dari PDIP merupakan hak prerogatinya sebagai ketua umum.

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo justru telah datang dari PSI. Partai yang diketuai oleh Giring Ganesha itu telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar dan Yenny Wahid untuk maju pada Pilpres 2024. **