Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba dalam HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023 (Foto/ISTIMEWA).

JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memuncaki peringkat pertama dengan elektabilitas tertinggi dalam hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI). PDIP memperoleh dukungan 21,9 persen.

“Survei kali ini kami temukan (menempati urutan teratas) yang didukung oleh 21,9 persen kalau pemilu diadakan sekarang,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan, melalui kanal YouTube LSI di Jakarta, Minggu (22/1/2023).

Sementara itu, di peringkat kedua diduduki Partai Gerindra dengan 12,1 persen, peringkat Ketiga Partai Demokrat 7,1 persen. Diikuti Partai Golkar 6,7 persen, Partai NaDem 5 persen, PKS 5 persen, Perindo 4,8 persen dan PKB 4,7 persen

Djayadi menambahkan, lumbung suara terbanyak berasal dari wilayah Sumatera yakni sebanyak 16,2 persen. Unggul dari partai lainnya seperti Gerindra, Demokrat dan NasDem.

“Sumatera masih dikuasai PDIP yang secara umum paling banyak 16,2 persen. Dikuti Gerindra, Demokrat dan Nasdem,” ucap Djayadi.

Selain Sumatera, wilayah Jateng dan DIY juga menyumbangkan suara terbanyak yakni sebesar 24,9 persen. Sementara di DKI Jakarta PDIP masih berada di bawah PKS. “Di Jateng seperti kita duga masih dipegang oleh PDIP,” ujar Djayadi.

Adapun metodologi yang digunakan LSI yakni target populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki telepon sekitar 83 persen dari populasi nasional.

Survei LSI ini dilakukan pada 1.221 responden yang dipilih melalui nomor telepon secara acak. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkar kepercayaan 95 peraen dengan asumsi simple random sampling. **