Kaesang Pangarep. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Partai Amanat Nasional (PAN) langsung merespon kabar putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, tertarik untuk masuk partai politik. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengajak Kaesang untuk bergabung ke PAN.

“Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milenial dan generasi Z. Politik harus diisi oleh anak-anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan zamannya,” kata Viva Yoga, Selasa (24/1/2023).

Dia pun menyarankan sebaiknya Kaesang memulai karir politiknya di PAN. Hal ini, jelas Viva, agar Kaesang tidak satu partai dengan kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang berlabuh di PDIP.

“Akan sangat baik jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Mengapa begitu? Supaya tidak ‘satu rumah’ dengan Mas Gibran, supaya nanti bisa bersaing secara politik,” ujarnya.

Viva menilai keinginan Kaesang terjun ke politik seperti pribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Menurut dia, itu merupakan hal yang wajar dan biasa di dunia politik.

“Artinya keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja, darah yang mengalir, budaya dan kebiasaan keluarga yang terbentuk, itu menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan eksistensi seseorang,” ucap Viva.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan bapaknya, Presiden Jokowi.

“Kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik,” ungkap Gibran, Selasa (24/1/2023).

Meski begitu, Gibran menyatakan dirinya tidak tahu langkah yang akan diambil Kaesang, apakah akan ikut menjadi kontestasi di Pemilu 2024 nanti atau tidak.

“Enggak tahu saya, apa Kaesang di 2024 bagaimana. Ya kan saya baru dengar kemarin,” pungkasnya.

Tak hanya dirinya, bapaknya, Presiden Jokowi, juga kaget mendengar pernyataan dari Kaesang itu. Gibran menegaskan, sebelumnya Kaesang tidak pernah membahas mengenai politik.

Menurut Gibran, adiknya itu masih melakukan penjajakan dan masih tanya-tanya ke dirinya dan Presiden Jokowi.

“Intinya masih bertanya-tanya. Memang kemarin Kaesang menyatakan ingin begitu. Kemarin dia kita ajak juga ke Solo Safari, Solo Trecknopark, Ngarsopuro, ternyata bisa gitu,” jelas Gibran.