Pelatih Shin tae-Yong memimpin latihan Timnas U-20 Indonesia. (Foto/ISTIMEWA)

JAKARTA – Pelatih Shin Tae-yong memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (training centre/TC) Timnas U-20 Indonesia sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Dari 30 pemain yang dipanggil ada beberapa nama baru.

Rencananya pemusatan latihan akan digelar pada 1-28 Februari di Jakarta.

“Kami berharap pemain mampu memberikan kemampuan yang maksimal, kerja keras, fokus dan disiplin,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, diunggah di laman PSSI, Jumat (27/1/2023).

Dalam daftar tersebut masih ada pemain-pemain lama seperti Marselino Ferdinan, Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh.

Sementara pemain-pemain baru yang ada di timnas U-20 terkini yaitu Brandon Scheunemann (PSIS), Hugo Samir (Persis) dan Ahmad Raia (Persik).

Selain itu, Shin juga menyertakan dua pemain dari timnas U-16 yang merebut juara Piala AFF U-16 2022 yakni Arkhan Kaka (Persis) dan Sulthan Zaky (PSM).

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut, selain berlatih, timnas U-20 akan mengikuti beberapa laga uji coba untuk mengasah kemampuan bertanding.

“Selama pemusatan latihan, PSSI telah menyiapkan sejumlah laga uji coba untuk timnas U-20. Ini demi menghadapi lawan-lawan di Grup A Piala AFC U-20 yang berkualitas bagus,” kata Indra.

Piala Asia U-20 2023 berlangsung pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Di turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah pada 4 Maret, dan bersua tuan rumah Uzbekistan pada 7 Maret 2023. **