Postingan Gibran Rakabuming Raka yang menampilkan foto dirinya sedang membungkuk di depan Prabowo. Momen itu terjadi saat Gibran mendampingi Prabowo di Solo, Selasa (24/1/2023). (Foto: Twitter Gibran)

JAKARTA, Eranasional.com – Langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan lingkaran terdekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berlanjut. Setelah bertatap muka dengan putra sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo selanjutnya bertemu dengan menantu Jokowi, Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Ditemani Gibran, Menteri Pertahanan (Menhan) itu menyerahkan sepeda motor dan alat komunikasi kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo, Jawa Tengah.

“Seluruh Babinsa Indonesia akan kita bekali dengan kendaraan motor dan alat komunikasi yang baru,” kata Prabowo, Selasa (24/1/2023).

Gibran kemudian memposting fotonya yang sedang membungkuk di depan Prabowo. Momen itu terjadi saat Gibran mendampingi Prabowo di Solo.

Momen itu dibagikan Gibran melalui akun Twitter pribadinya, @gibran_tweet.

Sementara itu, di foto itu Prabowo yang tengah memberikan sambutan tampak tersenyum dan meletakkan tangan ke punggung Gibran yang sedang membungkuk.

“Siap menunggu perintah,” tulis Gibran sebagai caption pada postingan itu.

Dukung Gibran Maju di Pilgub 2024

Di Solo, Prabowo Subianto sempat berbicara secara empat mata dengan Gibran di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Setelah itu dia menyatakan mendukung Gibran maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

“Beliau (Gibran) pas kok kalau saya lihat. Dari dulu saya dukung,” kata Prabowo.

Prabowo meyakini Gibran memiliki peluang untuk maju di Pilgub, baik di Jawa Tengah maupun DKI Jakarta. Dia yakin Gibran mampu memimpin di salah satu provinsi tersebut.

“Saya katakan, dua-duanya (Jawa Tengah dan DKI Jakarta) cocok. Dua-duanya beliau pasti berhasil,” ucap Prabowo.

Prabowo menyebut peluang Gibran di Pilgub Jawa Tengah belum tentu lebih besar dibandingkan jika dia maju di DKI Jakarta. Di sisi lain, Prabowo juga tidak meragukan kemampuan Gibran yang usianya relatif masih muda.

“Belum tentu lebih besar peluangnya di Jawa Tengah, tergantung siapa orangnya. Kalau saya tidak lihat usia, yang penting pengabdiannya. Kalau kita lihat, pemimpin kita sebelumnya usianya muda-muda semua,” tuturnya.

Sementara itu, Gibran Rakabuming mengakui dirinya dan Prabowo Subianto membahas soal Pilgub 2024. Baginya akan rugi ketika bertemu Prabowo tidak membahas hal itu.

“Ya ada dong membicarakan soal itu (Pilgub), mosok ora ono, wis ngobrol empat mata ra mbahas kui, ya rugi dong (masa tidak ngobrol, sudah ngobrol empat mata tidak membahas itu, ya rugi). Saranke maju, genah wis dijelaske ndek wingi (sudah disampaikan kemarin), maju,” kata Gibran, Rabu (25/1).

Gibran mengaku dalam pertemuan itu dirinya meminta pertimbangan kepada Prabowo apakah maju Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Foto: ISTIMEWA)

Bobby Nasution Cium Tangan Prabowo

Wali Kota Medan Bobby Nasution bertemu dengan Prabowo Subianto di rumah dinasnya, Kamis (26/1) sekitar pukul 19.37 WIB. Begitu Prabowo turun dari mobil, Bobby langsung menyambut dan mencium tangan Prabowo.

Selesai pertemuan, Prabowo ditanya apakah ada kemungkinan mendukung Bobby maju Pilgub 2024. Prabowo menegaskan bahwa Gerindra merupakan salah satu partai pengusung saat Bobby maju di sebagai calon Wali Kota Medan pada 2020 silam.

“Ya, apa harus eksplisit? Kita juga yang dulu mengusung beliau sebagai calon wali kota,” kata Prabowo, Kamis (26/1) malam.

Dia pun menyebut masih cukup waktu bagi Bobby untuk membuktikan kemampuannya. Sebab masih ada satu tahun lebih lagi menjabat sebagai Wali Kota Medan.

“Saya kira waktu masih cukup ya untuk Pak Bobby, sosialisasi atau pun leadership-nya dan sebagainya,” ucapnya.

Prabowo pun memuji Bobby Nasution. Dia menilai menantu Presiden Jokowi tersebut memiliki jiwa leadership seperti Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, Jenderal Maraden Panggabean, dan Jenderal DI Panjaitan.

Prabowo menyebutkan bahwa banyak tokoh TNI yang berasal dari Sumatera Utara. Jiwa leadership orang-orang Sumatera Utara cukup menonjol dalam perjalanan bangsa Indonesia.

“Kebetulannya saya dulu di TNI, tentunya di tentara kita juga banyak tokoh-tokoh dari Sumatera Utara. Jadi kita lihat leadership dari orang-orang, tokoh-tokoh Sumatera Utara cukup menonjol dalam sejarah Republik ini,” kata Prabowo.

“Jiwa leadership tokoh-tokoh TNI asal Sumatera Utara itu seperti Jenderal Besar Abdul Haris Nasution hingga Jenderal DI Panjaitan ada di Pak Bobby. Saya kira itu ya,” sambungnya.