Presiden Joko Widodo (Foto: Lukas – BIro Sekretaria Presiden)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan mengumumkan reshuffle kabinet pada tanggal 1 Februari 2023. Jokowi menyebut, ditanggal tersebut akan ada kejutan.

Jokowi merespon soal tradisinya yang disebut-sebut kerap mengumumkan hal penting pada Rabu Pon.

Saat ditanya kebenaran informasi itu, Jokowi justru balik bertanya. “Mas?” katanya sambil tertawa usai kegiatan pembukaan KTT ASEAN 2023 di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Ditanya kembali soal kejutan pada Rabu Pon, Jokowi meminta seluruh pihak menunggu.

“Rabu Pon? Benar? Ya nanti tunggu aja,” ucapnya.

Kabar Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet semakin menguat. PDIP angkat bicara soal tradisi Jokowi yang mengumumkan hal penting pada Rabu Pon.

Sekjen PDIP Hasto Kirstiyanto mengatakan reshuffle kabinet merupakan kewenangan Presiden Jokowi. Meski begitu, PDIP tetap memberikan saran sebagai partai pengusung.

“Reshuffle kabinet itu hanya bisa terjadi atas kehendak Bapak Presiden, dan itu kewenangan beliau. Tentu sebagai partai pengusung, kami memberikan masukan,” kata Hasto di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Namun, terkesan Hasto sudah mengetahui menteri-menteri yang akan di-reshuffle. “Terkait dengan nama, ada aspek-aspek etis. Ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyampaikan,” pungkasnya.