Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambut Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di rumah dinas Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (26/1/2023). (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Baru-baru ini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan safari politik dengan mengunjungi keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selama kurun sepekan, Menteri Pertahanan (Menhan) ini telah bertemu dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan menantunya, Bobby Nasution. Selain itu, terkait Kaesang Pangarep hendak nyemplung ke dunia politik, Prabowo disebut-sebut merayu putra bungsu Presiden Jokowi itu agar menjadi kader partainya.

Berikut rangkuman safari politik Prabowo Subianto ke keluarga Presiden Jokowi dalam sepekan terakhir.

1. Bertemu Gibran Rakabuming Raka di Solo

Prabowo mengawali kunjungan politiknya dengan menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Selasa (24/1) pekan lalu. Putra sulung Jokowi itu menjamu Menhan Prabowo makan malam. Dalam pertemuan empat mata itu, Gibran mengakui memang ada pembicaraan politik.

“Ya ada dong, mosok ora ono, wis ngobrol empat mata ra mbahas kui ya rugi dong (masa tidak ngobrol, sudah ngobrol empat mata tidak membahas itu ya rugi),” kata Gibran kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

2. Gibran disarankan Prabowo maju Pilgub 2024

Diakui Gibran, dalam pertemuan di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Selasa (24/1/2023) malam, Prabowo menyarankan Gibran maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang, baik di Jakarta atau di Jawa Tengah. Hal ini diamini Prabowo, dirinya menilai Gibran memiliki peluang besar maju di Pilgub salah satu dari dua provinsi tersebut.

Menurut Prabowo, baik di DKI Jakarta maupun Jawa Tengah, Gibran memiliki kans besar untuk menang. Dia menilai putra sulung Jokowi ini sebagai sosok muda yang potensial. Dia juga mengaku mendukung pemimpin yang dinamis dan bekerja keras untuk rakyat seperti Gibran.

“Beliau di mana saja (Jawa Tengah atau DKI Jakarta) pas,” kata Prabowo.

3. Bertemu Bobby Nasution di Medan

Dua hari berselang usai menemui Gibran, tepatnya Kamis (26/1/2023) malam, Prabowo berkunjung ke Sumatera Utara. Dia menemui Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga merupakan menantu Presiden Jokowi. Kunjungan itu bukan sekedar kunjungan biasa. Prabowo mengakui ada pembicaraan politik antara dirinya dengan Bobby.

“Apa saya harus eksplisit di sini. Kita dahulu juga mengusung beliau saat maju menjadi wali kota, ya kan,” kata Prabowo kepada awak media usai bertemu Bobby.

4. Prabowo Sebut Medan makin maju dipimpin Bobby Nasution

Dalam pertemuan di rumah dinas Wali Kota Medan itu, Prabowo menilai Kota Medan semakin maju sejak dipimpin menantu Presiden Jokowi. Menurutnya, Gerindra selama ini terus memonitor kinerja Bobby sejak dilantik menjadi wali kota pada 26 Februari 2021 silam.

Saat ditanya wartawan soal apakah dirinya mendukung Bobby maju Pilgub, Prabowo menyebut kinerjanya cukup baik. “Tapi ya, kalau saya monitor ya, cukup lumayan. Cukup baik,” kata Prabowo.

5. Prabowo rayu Kaesang Pangarep jadi kader Partai Gerindra

Prabowo tak secara gamblang melontarkan kata rayuan kepada Kaesang. Namun pihaknya mengaku bahagia jika putra bungsu Jokowi itu menjadi kader Gerindra. Dia menyambut baik keputusan Kaesang terjun ke dunia politik.

“Saya sangat gembira jika bisa mengkader. Saya belum ketemu beliau,” kata Prabowo Subianto.