Ketua Umum Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu di Loji Gandrung, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (6/2/2023). (Foto/ISTIMEWA)

SOLO, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi rencana Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo yang tertarik terjun ke dunia politik. Airlangga menilai hal tersebut harus dihargai. Ia juga menyatakan partainya siap membuka komunikasi.

“Ya tentunya kita hargai. Komunikasi juga akan terus lebih lanjut,” katanya kepada awak media usai pertemuan dan makan siang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Kota Solo, Senin, 6 Februari 2023.

Selain itu, Airlangga mengungkap pertemuan empat mata dengan Gibran Senin siang itu, ada kaitan soal politik, termasuk langkah Partai Golkar ke depan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

“Ya semua yang terkait politik. Langkah? Ya langkah ke depan, langkah ke belakang, langkah ke kiri, langkah ke kanan, semua kita bahas,” ucapnya lagi.

Meski semua topik politik dibahas, Airlangga menyatakan hal itu selanjutnya masih butuh pembahasan lebih dalam dan lebih lanjut. “Sesudah dalam dan lanjut, baru nanti di-publish,” katanya lagi.

Airlangga menyatakan dalam waktu dekat segera bertemu dengan petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  “Akan ada (pertemuan dengan PKB), dalam waktu dekat,” kata Airlangg

Namun Airlangga enggan menyebut tanggal pertemuan antara partai berlambang pohon beringin dengan PKB itu. Termasuk saat ditanya lebih lanjut tentang apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan, Airlangga memilih merahasiakannya. “Saksikan saja, nanti ada pertemuan ya. Makasih,” ucap Airlangga.

Airlangga juga memastikan segera ada pembahasan lebih lanjut terkait Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun ia masih enggan mempublikasikan inti pembahasan itu. “Nanti akan dibahas lagi. Akan ada pembahasan lagi,” katanya.

Sebelumnya, Cak Imin memastikan akan bertemu petinggi Partai Golkar. Di kesempatan itu, ia berencana mengajak Partai Golkar masuk ke dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang dibesutnya bersama Gerindra.

Adapun Golkar merupakan mitra Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Dalam waktu dekat, saya akan melakukan pertemuan dengan Partai Golkar untuk membicarakan berbagai hal, salah satunya soal koalisi,” kata Muhaimin di kantor DPP PKB, Jakarta, Ahad, 5 Februari 2023.

Cak Imin mengatakan pihaknya akan mengajak Golkar gabung ke koalisi PKB-Gerindra, bukan sebaliknya. “Justru kita mengajak Golkar untuk bergabung,” kata dia.

Di sisi lain, saat dimintai tanggapan tentang pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh belum lama ini, Airlangga enggan memberi komentar.

“Ini kan pertemuan di Solo dengan Mas Gibran. Kalau yang itu (pertemuan Jokowi dan Surya Paloh) to be continue lah itu,” ucapnya. **