Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: STIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. Sejumlah elite partai politik menunjukkan dukungan kepada dirinya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan siap mendukung Gibran “naik kelas” maju di Pilgub 2024. Namun ia masih menimbang antara maju di Pilgub DKI Jakarta mengikuti jejak sang ayah, atau Pilgub Jawa Tengah.

Pengamat politik Effendi Gazali menilai Gibran lebih berpeluang memenangkan Pilgub di Jawa Tengah ketimbang DKI Jakarta. Menurutnya, meskipun Presiden Jokowi memiliki rekam jejak di DKI Jakarta, tapi hal tersebut tidak membuat Gibran mudah meraup suara di Ibu Kota.

“Saya ingin mengatakan akan lebih mudah di Jawa Tengah ketimbang di DKI Jakarta,” kata Effendi, kemarin.

Memang sang Ayah memiliki rekam jejak menang di Jakarta pada 2012 silam, namun kekinian situasinya sudah jauh berbeda. Kendati begitu, Gibran memiliki peluang untuk maju di Pilgub Jawa Tengah maupun DKI Jakarta.

“Gibran tentu saja punya basis kuat di Jawa Tengah, di mana di situ pemilih PDIP serta penampilan-penampilan pribadinya juga akan memberikan kontribusi yang baik,” terang Effendi.

“Tetapi untuk Jakarta, sekali lagi saya katakan, perlu ada terobosan-terobosan, out of the box yang menurut saya akan membuat masyarakat Jakarta tertarik,” tambahnya.

Meskipun demikian, jika dilihat dari Pilgub sebelumnya, suara masyarakat DKI Jakarta didominasi oleh pemilih Anies Baswedan yang dinilai sebagai antitesa dari Jokowi. Hal ini perlu dijadikan pertimbangan jika Gibran maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Hampir seluruh DKI Jakarta pada waktu itu disapu oleh Anies-Sandi,” pungkasnya.