Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini merespons soal viral anggaran kemiskinan Rp500 triliun yang dipakai untuk rapat dan studi banding. Risma menegaskan, selama kepemimpinannya, ia melarang untuk mengadakan kegiatan di hotel.

“Bisa ditanya seluruh stafku, semenjak aku jadi Mensos, aku ngomong tidak boleh ada acara di hotel. Bahkan kemarin kalau teman-teman tahu saya ada tamu dari seluruh Asia-Pasifik, bahkan ada adviser-nya Presiden Joe Biden itu kami mengadakan di kantor saya,” kata Risma usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Risma menyebut pihaknya berusaha untuk menghemat sebisa mungkin supaya bantuan yang diberikan kepada masyarakat bisa maksimal. Ia menyinggung kegiatan turun ke lapangan yang kerap kali menggunakan transportasi darat.

“Memang sengaja kami menghemat, jadi misalkan saya perjalanan ke lokasi bencana, 14 jam saya tempuh pakai jalan darat, itu biasa bagi saya. Gorontalo ke Manado 14 jam, dari Medan ke Padang Lawas 9 jam, itu biasa,” ujarnya

“Oleh karena itu, saya klarifikasi yang di Kemensos. Jadi kami enggak ada, kami coba bagaimana sehemat mungkin. Bahkan sekarang ini kami adakan acara misalkan training di bale-bale kami. Di sana saya ngomong, kita cat, kita perbaiki dengan kita tidur di bale, sebegitunya kami berusaha menghemat,” sambung Risma.