Egianus Kogoya pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya mengintimidasi 15 pekerja pembangunan puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. KKB juga membakar pesawat Pilatus PK-BPY miliki Susi Air.

Pasca peristiwa itu beredar foto Egianus Kogoya. Seperti apa wajahnya?

Berdasarkan foto yang diterima Eranasional.com, Egianus Kogoya memiliki rambut tebal berwarna hitam. Dia juga tampak membiarkan berewok dan kumis menghiasi kulitnya yang berwarna gelap.

Pada foto tersebut, Egianus Kogoya mengikatkan kait pada kepalanya dengan corak bendera Inggris. Dia terlihat membawa senjata api jenis Minimi yang merupakan jenis senapan mesin ringan.

Selain itu, Egianus mengenakan kemeja dengan dalaman kaos berwarna hitam serta celana loreng. Dia juga mengalungkan sejumlah amunisi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan sejak 2018-2023 Egianus Kogoya dan anak buahnya kerap melakukan kejahatan khususnya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Gerombolan Egianus dinilai sebagai kelompok kriminal yang paling eksis dan aktif menebar teror.

“Dari data yang kami dapatkan, Egianus Kogoya merupakan KKB yang sangat eksis dan aktif membahayakan keselamatan nyawa masyarakat,” ucap Benny, Kamis (10/2/2023).