Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama (Kemenag) belum menemukan kesepakatan soal biaya haji 2023. Meski demikian, Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang memastikan angka biaya haji yang ditanggung Jemaah saat ini jadi Rp49 juta.

“Kami di Panja (Panitia Kerja) Komisi VIII tentang haji belum menemukan kata sepakat dengan pemerintah terkait besaran item-item yang muncul dari pembiayaan haji kita. Kalau dari sisi pencapaian untuk penurunan BPIH, kita sudah sampai di titik maksimal,” kata Marwan usai rapat dengan Kemenag di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Kata dia, sejauh ini besaran BPIH sudah dikurangi sampai angka Rp90,2 juta. Selain itu, besaran Bipih juga sudah dikurangi sampai angka Rp49 juta.

“Dari usulan pemerintah besaran BPIH Rp98,8 juta, kita sudah bisa mendapatkan angka sampai Rp90,2 juta. Kemudian, Bipih yang pemerintah usulkan besarannya Rp69 juta, kita sudah sampai di angka Rp49 juta,” jelasnya.

Marwan menekankan anggota Panja Komisi VIII DPR sejauh ini sudah sepakat dan akan memperjuangkan angka itu. Namun dia mengatakan masih ada tiga komponen yang masih bisa dikurangi, yakni perhotelan, masyair, dan katering.

“Kami kira para anggota Panja itu sudah bersepakat. Tetapi di sisi lain masih ada yang dianggap masih bisa dikoordinasikan untuk menurunkan harga,” ucap Marwan.