Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer atau Noel, mengurungkan diri mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Noel juga mengaku tidak tahu apakah Ganjar memiliki niat menjadi capres. Untuk itu, pembubaran relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) yang sudah dia bentuk tetap akan lakukan.

“Kita enggak tahu, apa Ganjar benar-benar mau nyapres atau tidak. Kita tetap bubarkan GP Mania, enggak berubah,” pungkasnya.

Tanggapan PKS dan Demokrat

Kedatangan Immanuel Ebenezer atau Noel ke Nasdem Tower ditanggapi oleh PKS dan Partai Demokrat selaku mitra koalisi yang mengusung pencapresan Anies Baswedan. PKS tak mempermasalahkan kunjungan dari Noel tersebut.

“Bagus. Apresiasi buat Noel. Silaturahmi bisa terus dijalankan. Soal pilihan bebas,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Rabu (15/2/2022).

Namun, dia enggan berspekulasi soal kemungkinan Noel akan mendukung Anies Baswedan, yang merupakan bakal capres dari Koalisi Perubahan. “Kita tunggu saja,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani memaklumi pertemuan antara Noel dan Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali. Dia menyebut Nasdem dan JoMan merupakan pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nasdem masih bagian dari partai koalisi pendukung Pemerintah Jokowi sampai 2024. Bisa dipahami ini sebagai komitmen untuk mengawal Pemerintahan Jokowi sampai berakhirnya masa jabatan,” kata Kamhar.

Meski begitu, Kamhar tak menutup kemungkinan dalam pertemuan itu dibahas soal Pilpres 2024. “Hal seperti ini wajar-wajar saja sebagai respons atas dinamika yang terjadi pada dua periode pemerintahan Jokowi, termasuk kemudian jika ada yang menghendaki gagasan perubahan dan perbaikan,” ujarnya.

Democrat, kata Kamhar, juga membuka ruang komunikasi dengan semua pihak. Komunikasi politik bukan hanya kepada partai politik, tapi juga kepada pihak lain.

“Kami terbuka untuk membangun komunikasi dengan berbagai pihak. Tak hanya dengan partai politik lain, termasuk juga dengan kelompok relawan yang memiliki platform dan agenda perjuangan yang sama mewujudkan perubahan dan perbaikan melalui pemimpin perubahan Mas Anies,” imbuhnya.

“Partai Demokrat dan koalisi perubahan senantiasa terbuka sepanjang saling membantu dan menguatkan untuk pemenangan,” lanjutnya.