Mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto, dikabarkan akan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Wakil Ketua Dewan Penasihat Partai Hanura Inas Nasrullah mengaku mendengar kabar itu.

“Iya kurang lebih seperti itu. Informasi yang saya terima kurang lebih seperti itu,” kata Inas, Kamis (16/2/2023).

Dia menyebut, bergabungnya Wiranto ke PAN karena menjelang Pemilu 2024. Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait hal itu.

“Beliau (Wiranto) bergabung ke PAN karena jelang Pemilu,” ujarnya.

Inas menyebut, tidak ada pembicaraan dari Wiranto ke Hanura terkait keputusannya itu. Menurut dia, sejak bertugas di Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Wiranto tidak berhubungan lagi dengan Hanura.

“Karena di Watimpres Pak Wiranto tidak terlalu banyak terlibat di Hanura,” jelas Inas.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto memberikan ciri-ciri mantan ketua umum partai politik yang akan bergabung dengan PAN. Dia menyebut, sosok mantan ketua umum tersebut kini menjabat di pemerintah dan seorang purnawirawan.

“Sekarang beliau di pemerintahan, beliau purnawirawan. Insya allah bergabung dengan PAN,” ungkap Yandri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Menurut dia, bergabungnya mantan ketua umum parpol tersebut akan diumumkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada acara Rakornas Badan Pemenangan Pemilu PAN di Semarang pada 26 Februari 2023 mendatang.

Kata dia, rencananya acara tersebut akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Rakornas Badan Pemenangan Pemilu PAN akan menggelar Rakornas tanggal 26 Februari di Semarang. Insya allah akan dibuka oleh Pak Jokowi. Sedangkan yang mengumumkan adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan,” jelas Yandri.