Suasana Gedung dan Kantor Manchester United. (Foto:Net)

MANCHESTER, Eranasional.com – Arab Saudi telah mengajukan penawaran untuk membeli klub sepak bola Liga Inggris, Manchester United, menjelang tenggat waktu pada Jumat, 17 Februari 2023. Kantor berita Reuters yang mengutip Telegraph melaporkan bahwa beberapa kelompok swasta di Riyadh telah melakukan penelitian resmi.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, pendukung seumur hidup MU dan pendiri perusahaan kimia INEOS, juga akan menjadi penawar, bersama dengan perusahaan ekuitas swasta Amerika Serikat. Penawaran itu menyusul pernyataan Keluarga Glazer pada November 2022 bahwa mereka telah mulai melihat opsi termasuk investasi baru atau penjualan potensial klubnya.

Qatari Royals juga sedang menyiapkan penawaran awal sekitar 5 miliar pound atau sekitar Rp 90,76 triliun untuk membeli Setan Merah. Laporan Bloomberg menyebutkan sebuah konsorsium termasuk Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, mantan Perdana Menteri Qatar dan mantan kepala Otoritas Investasi Qatar, memberikan sentuhan akhir pada proposal untuk mengakuisisi klub tersebut.

Kantor Kerajaan Qatar dan MU tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari laporan tersebut.

Kesepakatan untuk klub yang 13 kali juara Liga Premier itu kemungkinan akan melebihi kesepakatan olahraga terbesar sejauh ini, yaitu US$ 5,2 miliar, termasuk utang dan investasi yang dibayarkan untuk Chelsea.

Manchester United adalah klub sepak bola terkaya keempat di dunia, menurut analisis Deloitte. Sebagian kecil saham MU terdaftar di Amerika Serikat dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$ 4 miliar pada penutupan perdagangan hari Rabu. **