Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, dikabarkan akan bergabung dengan PAN. Jika hal itu benar, maka akan memberikan keuntungan bagi elektoral PAN.

“Kalau Pak Wiranto benar bergabung dengan PAN tentu ini sangat menguntungkan PAN,” kata Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arief Nurul Imam, Sabtu (18/2/2023).

Arief menilai hal itu didasari pada dua hal, yaitu jaringan Wiranto yang luas dan latar belakang militer sekaligus politisi. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan loyalis Wiranto di Partai Hanura akan mengikuti jejaknya.

“Setidaknya ada beberapa hal yang memberi keuntungan. Pertama, jaringan Wiranto tentu akan menambah dukungan partai. Keduanya, pengalamannya sebagai militer dan politisi akan menambah kekuatan PAN,” ujarnya.

“Alamiahnya begitu. Loyalisnya akan mengikuti arah politik Wiranto, termasuk loyalisnya di Hanura,” sambung Arief.

Di sisi lain, menurut Arief, dengan bergabungnya ke PAN akan dijadikan kendaraan politik bagi Wiranto dengan berbagai tujuan, di antarnya maju sebagai caleg ataupun mengincar jabatan publik.

“Tentu orang berpartai motifnya macam-macam, ada yang motifnya kendaraan politik untuk merebut jabatan publik, termasuk DPR dan atau bisa jadi untuk bargaining politik,” tuturnya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: ISTIMEWA)

PAN Tidak Menyangkal

Sekjen PAN Eddy Soeparno tidak menyangkal Wiranto akan bergabung dengan partainya. Dia menyebut, hal itu akan disampaikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Saya tidak menyangkal. Tapi untuk kepastiannya akan disampaikan Pak Zul,” kata Eddy.

Jika Wiranto bergabung dengan PAN, lanjut Eddy, maka dipastikan akan menempati posisi yang terhormat.

“Saya tidak mau berandai-andai. Tetapi seorang tokoh sekaliber beliau tentu akan menempati posisi yang sangat terhormat dalam partai,” ucapnya.

Kapan pengumuman resmi Wiranto bergabung dengan PAN, Eddy memperkirakan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) akhir Februari 2023.

“Mudah-mudahan saat PAN menggelar Rakornas tanggal 26-28 Februari di Semarang. Insya Allah akan dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi,” kata Eddy.

Di Rakornas nanti, Eddy mengatakan, banyak hal yang akan disampaikan, termasuk para tokoh-tokoh yang bergabung dengan PAN.