Anies Baswedan menghadiri acara Milad PKS ke-20 beberapa waktu lalu. (Foto: Dok PKS)

JAKARTA, Eranasional.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kemungkinan akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS yang akan digelar 24-26 Februari 2023.

Juru bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan, deklarasi tersebut sesuai dengan apa yang pernah disebutkan oleh Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Sohibul Iman. Namun, tak menutup kemungkinan bisa lebih cepat daripada penyelenggaraan Rakernas.

“Seperti informasi sebelum-sebelumnya, deklarasi mengenai capres paling lambat pada waktu Rakernas,” ucap Kholid, Sabtu (18/2/2023).

Selain akan membahas deklarasi Anies sebagai capres, lanjut Kholid, Rakernas PKS nanti akan berfokus pada penguatan program unggulan untuk pemenangan PKS dalam Pemilu 2024.

“Ini kan Rakernas menjelang tahun pemilu, jadi DPP akan menurunkan semua program-program unggulan untuk diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia,” ungkapnya.

Kholid menjelaskan, dalam Rakernas nanti seluruh pimpinan PKS di tingkat pusat, wilayah hingga kabupaten/kota akan berkumpul. Peserta yang akan hadir berupa perwakilan dengan jumlah sekitar 3.500-4.000 orang.

“Jadi nanti akan ada perwakilan pengurus wilayah provinsi, pengurus wilayah kabupaten/kota, dan seluruh bidang badan pusat, wilayah dan daerah,” tuturnya.

Dia menyebut Rakernas bersifat layaknya apel besar untuk menyiagakan seluruh anggota PKS jelang Pemilu 2024.

“Sifatnya ini konsolidasi dan apel siaga untuk pemenangan dan DPP menugaskan untuk seluruh wilayah dan daerah untuk menjalankan program-program unggulan yang disiapkan DPP,” pungkas Kholid.