Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Wonokromo, Surabaya, Sabtu (18/2/2023). (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis harga beras yang sempat melonjak dalam beberapa waktu terakhir ini akan turun kembali. Faktornya, akan terjadi pasca panen raya pada akhir Februari hingga awal Maret 2023.

Dia mengatakan, dengan adanya panen raya maka stij beras di pasaran dapat meningkat, sehingga dapat menekan harga.

“Dengan panen raya artinya stok akan melimpah. Kalau stok melimpah, tapi permintaan tetap secara otomatis harga akan turun,” kata Jokowi di Pasar Wonokromo, Surabaya, seperti dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/2/2023).

Dalam kunjungan ke pasar tersebut, Jokowi mengecek harga sejumlah bahan pokok, termasuk beras. Ia menyebutkan, harga beras di Pasar Wonokromo sudah berada di bawah Rp9.000 per kilogram berkat operasi yang dilakukan oleh Bulog.

“Harganya sudah baik, Rp44.000 untuk 5 kilogram, artinya harga di bawah Rp9.000. Tadi semua warung kita lihat semua ada semuanya, dan melimpah di sini,” ujar Jokowi.

Selain itu Jokowi juga mendapati harga minyak goreng masih berada di kisaran Rp14.000 per liter meski stoknya tidak terlalu melimpah. Ia menyebutkan, harga telur dan bawang merah juga terpantau turun di pasar tersebut.

“Stabilitas harga seperti ini yang kita inginkan, sehingga jangan sampai seperti beras di bulan yang lalu mengerek inflasi yang sangat tinggi di seluruh Tanah Air,” tuturnya.