Majelis Hakim memvonis Richard Eliezer 1,6 tahun dalam perkara pembunuhan berencana terhadap Bharada Yosua.

Harapan Orang Tua Bharada E

Orang tua dari Bharada E berharap anaknya tidak dipecat dari institusi Polri. Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang berharap anaknya tetap diperbolehkan betugas kembali bertugas sebagai anggota Brimob.

Menurut Rynecke, menjadi polisi adalah kecintaan dan cita-cita Richard Eliezer sejak kecil.

“Icad (Richard Eliezer) memang ingin sekali kembali bertugas, karena itu kecintaannya. Itu cita-citanya dari kecil, dia ingin menjadi seorang anggota polisi dan sekarang menjadi anggota Brimob. Dan dia berharap, sangat berharap bahwa dia bisa kembali bertugas sebagai anggota Brimob,” ucap Rynecke di sebuah stasiun TV swasta yang ditayangkan, Rabu (15/2) malam.

Sementara itu, orangtua dari Brigadir J mengatakan pihaknya akan mematuhi keputusan instansi di Polri terkait nasib status profesi Bharada E sebagai polisi. Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat mengatakan keluarganya tidak keberatan jika Bharada E tetap kembali bertugas di Polri.

“Itu adalah suatu aturan dari instansi pemerintahan atau kepolisian. Kita ikuti saja proses yang ada di Kepolisian,” kata Samuel di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/2).

Peluang Richard Kembali Bertugas di Polri

Sementara itu, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti enggan berspekulasi dan mendahului keputusan sidang KKEP. Menurut dia, dalam sidang etik tentu akan mengakomodasi berbagai faktor sebelum memutuskan nasib dari status profesi Bharada E.

“Kami percaya bahwa sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri dalam menjatuhkan putusan pasti juga akan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk pangkat terendah Eliezer serta peranannya dalam membongkar kasus ini,” tutur Poengky saat dihubungi, Senin (20/2/2023).