Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto:Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto belum bersedia memberi penjelasan soal kepastian Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mundur usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Airlangga tak menjawab jelas ketika ditanya apakah Golkar akan menyodorkan nama pengganti Amali. “Kami tunggu arahan Pak Presiden,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Airlangga mengaku belum ada perbincangan hari ini dengan Amali soal status Menpora. Sebab, dia datang ke Istana setelah Amali bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Sebelumnya sering ketemu, namanya Golkar, semua dibahas,” kata Airlangga

Sebelumnya, Amali yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar ini disorot karena jadi Menpora sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI. Amali ditetapkan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa PSSI pada Kamis pekan lalu.

Desakan muncul dari sejumlah pihak agar Amali mundur dari jabatan Menpora karena rangkap jabatan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Terkait dengan hal itu, Amali telah mengungkapkan dirinya menyerahkan keputusan soal itu kepada Jokowi.

Kepada Tempo enam hari sebelum KLB PSSI pada 16 Februari lalu, Zainudin Amali telah mengungkapkan dirinya siap mundur dari jabatannya sebagai Menpora jika terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Ia mengaku telah mempertimbangkan hal itu ketika mendaftar sebagai calon sebelum pemilihan.

Hari ini, Amali mengatakan bahwa dia telah melapor lagi kepada Jokowi soal posisinya saat ini sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. “Tadi saya secara pribadi sudah melapor ke pak presiden. Saya terpilih sebagai waketum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya,” ujar politikus Golkar ini.

“Karena saya menyampaikan pada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan pada Pak Presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola’, dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsen dan fokus pada sepak bola,” ujarnya.

“Udah, jangan dijelasin panjang-panjang. Jadi kalau beliau sudah mengizinkan saya fokus mengurus bola sama Pak Erick Thohir,” ucapnya.

Ketika ditanya apakah itu artinya dia mundur dari posisi Menpora, Amali menjawab: “Pokoknya saya sudah dapat izin dari Pak Presiden untuk fokus dan konsen di sepak bola.”

Di sisi lain, Amali besok masih akan memanggil pengurus PSSI yang ke kantornya untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20. Undangan itu disampaikan langsung Amali ke Erick.

“Karena saya masih Menpora, mungkin besok paling lambat ya, Pak Ketua Umum,” kata Amali yang membuat Erick tampak mengangguk, saat keduanya berdiri berdampingan, dalam konferensi pers usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana. “FIFA World Cup U-20, kami akan persiapkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Amali.

Seperti Airlangga, Sekretaris Kabinet Pramono Anung belum memberi penegasan apakah Amali resmi mengundurkan diri dari jabatan Menpora atau tidak. “Kalau pak Zainuddin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan pak Zainuddin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” ujar Pramono. **