Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

JAKARTA, Eranasional.com – Zainudin Amali mengaku telah mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) begitu dirinya terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia menyebut, Presiden Jokowi sudah memberikan izin.

“Jadi begini. Saya sudah menyampaikan ke Bapak Presiden bahwa saya akan berkonsentrasi dan fokus mengurus sepak bola dan di PSSI dan diizinkan. Selanjutnya, itu bukan urusan saya lagi,” kata Zainudin Amali di sela-sela menghadiri sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Rabu (22/2/2023).

Politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto soal keinginannya melepas jabatan Menpora. Katanya, pengunduran diri iru dia sampaikan ke Airlangga saat mendaftar sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI.

“Saya sudah minta izin ke Pak Airlangga bulan Desember 2022 lalu. Saat itu saya sampaikan keinginan mundur dari jabatan Menpora. Nanti tunggu saja ya, ada serial lagi,” ujarnya.

Namun, lanjut Amali, dirinya akan menuntaskan sejumlah tugasnya yang masih belum selesai sebagai Menpora, salah satunya F1 Powerboat.

“Saya menyelesaikan dulu beberapa ini, salah satunya F1 Powerboat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Zainudin Amali belum secara resmi mengundurkan diri dari posisi Menpora. Saat ini pengunduran diri Zainudin Amali masih sebatas informal.

“Secara resmi atau secara tertulis belum. Informal sudah,” kata Jokowi, Selasa (21/2/2023).

Mengenai siapa pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora, Jokowi belum memberitahu. Dia akan menyampaikan setelah pengganti Zainudin Amali resmi dilantik.

“Nanti kalau sudah resmi saya beritahu,” pungkas Jokowi.