Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pasca terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. (Foto: Dok PSSI)

JAKARTA, Eranasional.com – Zainudin Amali mengaku telah mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) begitu dirinya terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia menyebut, Presiden Jokowi sudah memberikan izin.

Zainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI hasil Kongres Luar Biasa (KLB).

“Jadi begini. Saya sudah menyampaikan ke Bapak Presiden bahwa saya akan berkonsentrasi dan fokus mengurus sepak bola dan di PSSI dan diizinkan. Selanjutnya, itu bukan urusan saya lagi,” kata Zainudin Amali di sela-sela menghadiri sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Rabu (22/2/2023).

Namun, muncul pertanyaan, berapa jumlah kekayaan politisi Partai Golkar tersebut?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, total harta kekayaan Zainudin Amali mencapai Rp20,5 miliar. Tercatat, dia memiliki aset tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur dan Gorontalo, Sulawesi Utara, dengan nilai mencapai Rp6,8 miliar.

Zainudin juga tercatat dua unit mobil senilai Rp637 juta yaitu Toyota Alphard tahun 2013 dan Nissan X-Trail tahun 2015.

Selain itu, Zainudin juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp550 juta, surat berharta Rp7,4 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp5,03 miliar.

Berdasarkan data LHKPN, Zainudin Amali tidak memiliki utang sepeser pun.