Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi. (Foto:Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (Sekjen PKS) Aboe Bakar Alhabsyi membantah adanya batu sandungan yang mengganjal partainya bersama NasDem dan Demokrat untuk berkoalisi.

Anggapan ada ganjalan di antara ketiga partai itu berembus seiring belum adanya kepastian mendeklarasikan Koalisi Perubahan. Padahal, ketiganya secara masing-masing sudah menyatakan sikap mendukung pencapresan Anies Baswedan.

“Yang bilang siapa ya? Kayaknya nggak ketemu kalimat itu deh,” kata Aboe di sela-sela Rakernas PKS di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Jumat (24/2/2023).

Dia mengakui, memang belum ada deklarasi sampai saat ini. Namun, Anggota Komisi III DPR ini memastikan ke depan segera dilakukan deklarasi bersama.

“Jadi kelihatannya karena belum diumumkan seperti PKS belum, belum jadi insyallah doakan saja kami bertiga,” kata Aboe.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu membeberkan tiga parameter yang menjadi dasar partainya mendukung Anies Baswedan untuk menjadi Presiden RI 2024.

Pertama, kata Syaikhu, Anies merupakan sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius. Syaikhu mengatakan Anies bahkan memiliki darah biru daringaris keturunan AR Baswedan yang merupakan kakek Anies.

“Jadi kita yakin mudah-mudahan darah biru dari kakek beliau ini sebagai pejuang yang alhamdulillah mendapat gelar pahlawan nasional akan menurun diwarisi oleh saudara Anies Rasyid Baswedan,” kata Syaikhu di DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Parameter kedua, PKS memandang Anies merupakan sosok pemimpin yang bisa memadukan antara nilai-nilai nasionalisme dengan religiusitas menjadi satu kesatuan padu dan utuh dan tidak terpisahkan.

“Agama menjadi inspirasi bagi nasionalisme dan nasionalisme memuliakan peran peran agama,” kata Syaikhu.

Paramater ketiga, PKS menilai Anies memiliki rekam jejak yang mumpuni dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan. Syaikhu berujar hal itu sudah dibuktikan Anies ketika membangun Daerah Ibu Kota DKI Jakarta

“Nah ini tadi kalau serah terima di sana, DPW PKS DKI Jakarta menyerahkan sepenuhnya kepada DPP bahwa pak Anies sudah berhasil di DKI mohon kiranya untuk bisa diusung pimpinan nasional,” ujarnya.