Presiden Joko Widodo bertemu empat mata dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Istana Merdeka. (Foto: ISTIMEWAt)

SEMARANG, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jangan salah pilih koalisi saat memberi sambutan pembukaan Workshop dan Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional di Kota Semarang pada Minggu (26/2/2023).

Jokowi menyebut, koalisi merupakan keniscayaan dalam politik. “Kerja sama itu penting, koalisi itu penting. Jangan salah memilih koalisi, yang paling penting perkuat kerja sama kebangsaan kita,” katanya disambut riuh tepuk tangan.

Dia kemudian mengungkit capaian kepemimpinannya dalam delapan tahun terakhir. Menurutnya, sudah banyak perubahan yang telah dilakukan. “Ke depan harus kita lanjutkan perubahan yang telah kita lakukan,” ujar dia.

Salah satu perubahan tersebut, kata Jokowi, adalah pembangunan infrastruktur. Selama kepemimpinannya pembangunan digenjot. “Contoh infrastruktur fisik kita sudah menghabiskan anggaran Rp 3.309 triliun,” sebutnya.

Menurutnya, sebelum kepemimpinannya pembangunan sebagian besar dilakukan di Pulau Jawa. Dia menyebut, kini pembangunan tersebut telah tersebar di luar Jawa.

“Dulu pembangunan itu selalu Jawa sentris, infrastruktur dibangun hampir 70 persen selalu di Jawa. kemudian kami geser menjadi Indonesia sentris,” tutur Jokowi. “Dulu investasi selalu di Jawa, sekarang sudah bergeser 53 persen itu di luar Jawa.” **