Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai dideklarasikan PKS menjadi bakal Capres 2024 di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal Calon Presiden Anies Baswedan meminta para pendukungnya dan kader PKS untuk tidak memanfaatkan hoaks dan fitnah dalam memenangkan Pilpres 2024. Menurut Anies, kekuatan utama memenangkan kontestasi demokrasi adalah rekam jejak.

“Dalam kerja ke depan, tidak perlu membuat hoaks dan tidak perlu menyerang lawan. Karena kita percaya diri dengan rekam jejak, rekam gagasan, dan rekam program,” ujar Anies saat memberikan sambutan di kegiatan Apel Siaga PKS #MenangBersamaRakyat, Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (26/2/2023).

Anies juga meminta pendukungnya tidak perlu menyerang lawan dengan caci maki. Termasuk, kata dia, tidak perlu mengarang-ngarang pencapaian yang telah diperoleh.

“Sebarkan dan sampaikan itu semua dengan santun dengan merangkul dan dengan menginspirasi. Orang yang percaya diri dengan apa yang dimiliki tak akan terprovokasi dan tak akan goyang dengan serangan dan usaha merendahkan pihak lain,” tandas Anies.

Sebagai bangsa yang beragam, Anies memaparkan istimewanya kita dibanding negara lain yang memiliki keragaman juga, yaitu adanya persatuan yang mengikat.

“Politik kita adalah politik keadilan dan persatuan. Keistimewaan indonesia sangatlah beragam, tetapi masih banyak bangsa dan negara lain yang lebih beragam. Yang lebih istimewa dari Indonesia adalah di dalam keragaman itu ada persatuan,” ungkap Anies.

Anies mengibaratkan keragaman dan persatuan Indonesia adalah persenyawaan hidrogen dan oksigen yang membentuk senyawa baru namanya air. Air, kata Anies bukan hidrogen dan air bukan oksigen, tetapi dalam air ada hidrogen, dalam air ada oksigen, dan air adalah persenyawaan dari keduanya.

“Seringkali kita berfokus hanya membicarakan unsur-unsur pembentuknya dan melupakan persenyawaannya. Indonesia adalah hasil persenyawaan unsur-unsur yang begitu banyak yang ada di bangsa ini. Dan persatuan itu mustahil terwujud tanpa hadirnya keadilan sosial. Tujuan pamungkas dari Pancasila yaitu poin terutama pada janji kemerdekaan adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Anies.