Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri balapan F1 H2O/Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. (Biro Pers Setpres RI)

MEDAN, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri balapan F1 H2O/Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara. Jokowi mengapresiasi ajang internasional yang menurutnya sangat seru ini.

“Saya bicara apa adanya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat seperti ini. Kita harapkan event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah. Di Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike,” kata Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/2/2023).

Jokowi berharap balapan F1 Powerboat ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan Danau Toba. Menurutnya, ke depan akan muncul pembangunan hotel hingga restoran di kawasan tersebut.

“Saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” ujar dia.

Kendati demikian, Jokowi mengakui masih banyak kekurangan infrastruktur yang harus diperbaiki untuk menopang ajang F1 Powerboat. Namun, menurut dia, hal tersebut wajar.

“Masih banyak yang perlu kita perbaiki di wilayah Danau Toba ini. Infrastrukturnya, terminal airport-nya. Yang untuk F1 Powerboat ini saja masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki. Jadi saya kira semuanya butuh waktu, semuanya butuh proses. Oh ini ternyata jalannya kurang besar, apron untuk parkir pesawat juga kurang besaf,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan keinginannya membawa ajang Formula 1 ke Indonesia. Kata dia, saat ini pemerintah masih dalam tahap penjajakan untuk membawa F1 ke Indonesia.

“Semua kita jajaki, karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat. Ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana,” ungkap dia.

Foto: Biro Pers Setpres RI

Hadir juga dalam event internasional ini Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menlarekraf) Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Selain itu, hadir juga Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri.

Untuk diketahui, Kejuaraan Dunia F1H2O adalah seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O diikuti 10 tim dengan 20 pembalap.

Dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan delapan seri balap, dengan seri pertama tahun 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Setelah Indonesia, seri selanjutnya akan digelar di China.