Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan diapit Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di acara Rakornas PAN 2023. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan tidak lagi memprioritaskan Ketua Umum Zulkifli Hasan maju sebagai calon presiden (capres) 2024. PAN menyebut pihaknya realistis.

“Kalau capres sudah enggak prioritaskan (Zulkifli Hasan),” kata Wakil Sekjen PAN Fikri Yasin usai menghadiri acara Survei Media di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

Fikri mengungkapkan kans tertinggi siapa yang diusung PAN sebagai capres adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia tidak ingin mengeyampingkan fakta untuk mengusung tokoh lain.

“Pertimbangannya karena nilai skor tertinggi di internal kita adalah Ganjar. Kan enggak mungkin kita mau menabrak fakta itu, kemudian kita paksakan Bang Zul. Kita ini realistis, mau menang bertarung,” ujarnya.

Meski demikian Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), di mana PAN bergabung bersama dengan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan membahas kandidat capres dari usulan masing-masing partai. PAN akan membawa nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

“Apapun yang akan kita putuskan akan diusulkan, akan dibawa ke Golkar dan PPP,” ucap Fikri.

Jika pun ada yang menuduh PAN tak beretika membawa nama Ganjar Pranowo, Fikri tak mempersoalkan. Hanya saja, dia menekankan, hal itu merupakan persepsi yang keliru.

“Bahkan ada yang ngomong PAN itu tidak beretika, ya terserah mereka. Tapi bagi kami agak keliru saja kalau menuduh PAN tidak beretika,” tegasnya.