Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Biro Pers Sekretsriat Persiden)

JAKARTA, Eranasioanl.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum menerima surat pengunduran dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Politikus Golkar ini mundur setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Belum belum, sampai saat ini belum ada surat ke Pak Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara Pratikno),” kata Jokowi usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Jokowi pun belum bersedia membeberkan siapa pengganti Amali. “Suratnya belum ada kok diganti,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Jokowi bertemu pengurus PSSI baru di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 20 Februari 2023. Menpora Zainudin Amali yang jadi Wakil Ketua PSSI datang mendampingi Ketua PSSI Erick Thohir.

Saat itulah, Amali mengatakan bahwa dia telah melapor lagi kepada Jokowi terkait dengan posisinya saat ini sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

“Tadi saya secara pribadi sudah melapor ke pak presiden. Saya terpilih sebagai waketum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya,” ujarnya.

“Karena saya menyampaikan pada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan pada pak presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola’, dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsen dan fokus pada sepak bola,” ujarnya.

“Udah, jangan dijelasin panjang-panjang. Jadi kalau beliau sudah mengizinkan saya fokus mengurus bola sama Pak Erick Thohir.”

Ketika ditanya apakah itu artinya dia mundur dari posisi Menpora, Zainudin Amali menjawab, “Pokoknya saya sudah dapat izin dari pak presiden untuk fokus dan konsen di sepak bola.”

Sebelumnya Jokowi menyebut dirinya sudah menerima permohonan secara informal soal mundurnya Amali. “Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah (soal pengunduran diri Zainudin),” ujar Jokowi di Jakarta Timur, Selasa (21/2) lalu.

Soal pengganti Zainudin, Jokowi belum mau membocorkannya. Ia menyebut baru bakal bicara ketika sudah ada nama pasti yang menggantikan Zainudin Amali.

Setelah Amali menyatakan siap mundur, Golkar pun menyiapkan tiga nama pengganti. Ketiganya yaitu Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Ilham Permana, Ketua Umum Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) Diro Ariotedjo, dan anggota Komisi XI DPR Puteri Komarudin.

“Iya kurang lebih nama tersebut,” kata Wakil Ketua Umum Pratama Golkar yang juga Ketua Umum PSSI 2003-2011 Nurdin Halid.