Menteri BUMN Erick Thohir menjenguk korban kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. (Foto: Instagram Erick Thohir)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. Ada dua alasan kenapa dirinya mencopot Dedi dari jabatannya.

“Alasan pertama, saya pernah mengingatkan direksi BUMN, termasuk Pertamina untuk mengagendakan pembahasan tentang strategi penyelesaian zonasi di kawasan depo. Saya mengingatkan itu dua tahun lalu,” kata Erick Thohir.

Erick menegaskan, menjadi seorang direksi atau komisaris tidak hanya jabatan, tetapi ada tanggung jawab yang diemban.

Alasan kedua, Erick menyinggung bagaimana tanggung jawab direksi Pertamina terhadap pendampingan terhadap korban kebakaran depo Plumpang. Dia mengaku telah meminta semua direksi untuk datang ke lokasi kejadian, tetapi ada yang mengabaikan perintahnya.

“Saya catat dong, siapa yang enggak pulang, siapa yang pulang. Ketika ada rakyat yang meninggal kok kita nggak hadir. Saya saja datang dari Surabaya, padahal di sana ada event besar,” ucap Erick Thohir.

Pencopotan Dedi Sunardi ditetapkan dalam Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan (RUPS) Perseroan PT Pertamina nomor SK-43/MBU/03/2023 per tanggal 8 Maret 2023.

“Dengan kejadian kemarin kita perlu mengambil tindakan agar semua yang saat ini memimpin di BUMN itu para direksi harus benar-benar menjalankan tugasnya sebaik mungkin,” tegas Erick.