Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Politikus Partai Golkar Muhamad Fauzi mengaku mendengar ada tiga nama di partainya yang didorong menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali.

Siapa tiga nama yang dimaksud itu? Fauzi menyebutkan satu per satu yakni Putri Komarudin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

“Saya belum dapat informasi. Yang saya dapat informasi dari media itu, ada tiga nama yang didorong jadi Menpora. Ada putri, Ilham, satu lagi Dito. Biar presiden yang memilih,” kata Fauzi.

Dia menilai ketiga nama tersebut merupakan kader terbaik Golkar dan berpotensial menjadi Menpora kader terbaik yang ada di Golkar.

“Ketiganya memang kader terbaik yang ada di Golkar. Makanya didorong, karena kalau tidak menjadi kader terbaik, tidak mungkin didorong. Karena ini menjadi marwah partai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan partainya telah mengirim tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya, kata Lodewijk, Partai Golkar menyerahkan keputusan siapa yang dipilih kepada Jokowi.

“Ketua Umum (Airlangga Hartarto) yang menyerahkan nama-nama calon Menpora ke Bapak Presiden,” kata Lodewijk, Selasa (14/3/2023).

Ditanya, siapa ketiga nama yang diajukan sebagai Menpora baru, Lodewijk tidak menyebutkan. Dia hanya mengatakan, ketiga calon tersebut sesuai dengan kriteria yang diminta Jokowi.

“Kita tinggal tunggu presiden yang memilih dari tiga calon yang diusulkan. Kita tunggu saja. Nama-namanya ada di kantong ketua umum, saya enggak sempat ngintip,” ujarnya berseloroh.

Pastinya, Lodewijk menyebutkan, siapa pun yang terpilih sebagai Menpora, tugasnya mengurusin pemuda dan olahraga.

“Itu artinya, dia punya akses ke kepemudaan dan juga punya akses bagaimana meningkatkan olahraga. Apalagi kita dekat-dekat ini jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, itu kira-kira yang jadi fokus beliau,” tuturnya.