Menko PMK, Muhadjir Effendy. (Humas Kemenko PMK)

JAKARTA, Eranasional.com –Menteri Zainudin Amali mundur sebagai menteri pemuda dan olahraga (Menpora), seperti disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada media usai meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Senin, (13/3/2023).

“Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan tadi saya sudah menyetujui,” ujar Presiden Jokowi di Bali dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/3/2023)

Terkait pengganti Menpora, Presiden Jokowi mengatakan akan segera memutuskannya. Untuk saat ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan bertindak selaku pelaksana tugas (Plt).

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK ya,” tandasnya.

Jokowi mengizinkan Amali mengundurkan diri dari jabatan Menpora. Keputusan tersebut diberikan setelah bertemu langsung dengan politikus Partai Golongan Karya (Golkar) itu di Bali.

“Menpora sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan ke Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). Saya sudah menyetujui,” imbuhnya.