Menko Badan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (Foto:ISTIMEWA)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut dirinya akan merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut dia, telah menunjuknya menjadi pengganti Zainuddin Amali yang mengundurkan diri.

Muhadjir menyatakan bahwa peralihan dari Zainuddin ke dirinya akan dilakukan besok.

“Besok Insya Allah sudah ada serah terima saya dengan pak Zainuddin Amali,” kata Muhadjir di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Muhadjir Effendy menyebut dirinya ditunjuk sebagai Plt Menpora karena selama ini selalu berkoordinasi dengan Zainuddin. Sebab, secara hirarki kementerian itu berada di bawah Kemenko PMK.

“Sebenarnya sejak dulu selalu koordinasi, jadi enggak ada yang baru lah nanti. Selama ini selalu kami koordinasikan,” ujar Muhadjir.

Zainuddin Amali menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis (9/3) lalu. Politikus Partai Golkar itu mundur setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dia menyatakan surat pengunduran dirinya diterima oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno.  “Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora. Dan tentu ini masih berupa surat, memang saya harus bertemu Bapak Presiden,” ujar Zainuddin di Istana Negara, Jakarta.

Zainuddin menyebut dirinya belum bisa bertemu langsung dengan Presiden Jokowi, karena yang bersangkutan sedang ada kegiatan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Soal siapa penggantinya, Zainuddn menyatakan bahwa dirinya tidak mengusulkan sosok yang dirasa layak menggantikan dirinya ke Jokowi. “Siapa yang menggantikan saya, itu Itu hak prerogatif Bapak Presiden,” kata Zainudin.

Zainuddin menyatakan dirinya akan fokus mengurus PSSI jika jika pengunduran dirinya sebagai Menpora disetujui Jokowi.

“Saya akan fokus dan konsentrasi mengurus salah satu cabang olahraga. Karena enggak etis bagi saya sebagai Menpora yang mengurusi semua cabang olahraga, kok hanya berfokus pada satu cabang olahraga. kan seperti itu,” ujarnya.

Beberapa hari lalu Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya sudah menerima permohonan secara informal pengunduran diri Zainuddin Amali.

“Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah (soal pengunduran diri Zainudin),” ujar Jokowi, Selasa (21/2/2023).

Soal pengganti Zainudidn Amali, Jokowi belum mau membocorkannya. Dia menyatakan baru akan bicara ketika sudah ada nama pasti yang akan menduduki posisi Menpora.