Ketua BPIP Megawati Soekarnoputri mendapat penghargaan sebagai Tokoh Nasional Penggerak Gotong Royong Desa. (Foto: Instagram/Megawati Soekarnoputri)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dianugerahi penghargaan sebagai tokoh nasional penggerak desa.

Megawati yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Nasional Penggerak Gotong Royong Desa. Sementara, Luhut Binsar Pandjaitan mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Nasional Penggerak Kemandirian Desa.

Penghargaan juga diberikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Tokoh Nasional Penggerak Tata Kelola Pemerintahan Desa.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Tokoh Nasional Peduli Kesejahteraan Aparatur Desa, dan politisi PDIP Budiman Sudjatmiko sebagai Tokoh Nasional Pejuang Undang-Undang Desa.

Ketua Apdesi Surta Wijaya mengatakan kehadiran Megawati dalam acara tersebut bukan sebagai Ketua Umum PDIP, melainkan Kepala BPIP.

“Beliau (Megawati) dihadirkan, kepala BPIP, kajian Pancasila. Jadi hadirnya bukan sebagai ketua partai, tapi sebagai Kepala BPIP,” kata Surta di lokasi acara HUT ke-9 UU Desa di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (19/3/2023).

Surta mengatakan Apdesi telah meneken memorandum of Understanding (MoU) dengan BPIP bahwa kepala desa harus mendapatkan bimbingan terkait Pancasila.

“Kita MoU sudah dengan BPIP bahwa kepala desa harus ada bimbingan teknik (bimtek) tentang Pancasila. Karena saya lihat sosialisasi Pancasila, jangan-jangan anak SMA ada yang tidak hapal Pancasila. Ini kan harus direalisasikan dan disosialisasikan dan itu dimulai dari leadership kepala desa. Jadi kita MOU dengan BPIP,” ujarnya.

Sekadar informasi, Kepala desa dari berbagai asosiasi berkumpul di kawasan GBK Senayan dalam rangka HUT ke-9 UU Desa. Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh mendapatkan penghargaan.