Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dok PDIP)

JAKARTA, Eranasional.com – Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas partai politik menjelang Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP masih menempati posisi teratas. Namun demikian, elektabilitas partai banteng bermoncong putih itu mengalami penurunan.

Pada survei terbaru lembaga survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas PDIP sebesar 23,5%. Angka tersebut turun sekitar 2% dibanding survei Desember 2022 di mana tingkat elektoral partai banteng mencapai 25,7%.

“PDIP agak sedikit turun,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei daring, Minggu (26/3/2023).

Di urutan kedua ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,0%. Di survei kali ini elektoral Gerindra naik signifikan hampir 5% dibanding survei periode sebelumnya yakni 9,5%.

Dengan raihan elektoral tersebut, Gerindra berhasil menempati urutan kedua menggeser Partai Golkar.

“Gerindra meningkat tajam ke 14%. Mungkin karena elektabilitas Pak Prabowo (Ketua Umum Gerindra) meningkat, jadi membawa efek ke Gerindra,” ujar Burhanuddin.

Di posisi ketiga ditempati Partai Golkar yang elektabilitasnya turun sekitar 1%, dari 10,5% pada survei sebelumnya menjadi 9,6% pada survei terbaru.

Lalu, di urutan keempat ditempati Partai Demokrat yang naik 0,1%, yakni 9,0% pada survei sebelumnya menjadi 9,1% dalam survei teranyar.