Marc Marquez (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Pembalap Honda Marc Marquez resmi absen di MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (2/4), usai mengalami patah ibu jari.

Dikutip dari rilis MotoGP pada situs resmi, Marquez akan absen pada seri kedua MotoGP 2023 di MotoGP Argentina usai menjalani operasi.

Operasi itu dibutuhkan Marquez setelah mengalami kecelakaan mengerikan saat menabrak Miguel Oliveira dari tim RNF di MotoGP Portugal 2023 i Sirkuit Algarve, Minggu (26/3).

“Usai menjalani operasi perbaikan patah tulang metakarpal pertama di tangan kanannya, Marc Marquez akan absen di putaran kedua,” demikian pernyataan MotoGP. Senin (27/3/2023).

Metakarpal adalah bagian tulang yang terdapat pada telapak tangan. Terkait kasus Marquez ini, pembalap asal Spanyol tersebut mengalami patah pada tulang bagian ibu jari kanan.

“Sekembalinya ke Spanyol untuk pemeriksaan lebih lanjut, Marc Marquez didiagnosis mengalami patah tulang intraartikular pada pangkal metakarpal pertama ibu jari tangan kanan,” tulis MotoGP.

The Baby Alien dilaporkan akan segera menjalani operasi di Rumah Sakit Ruber Internacional di Madrid sebagai penanganan lebih lanjut dari patah tulang ibu jari itu.

“Marquez segera menjalani operasi di RS Ruber Internacional di Madri dengan dr Ignacio Roger de Ona sebagai pemimpin tim yang terdiri dari dr Samuel Antuna dan dr Andrea Garcia Villanueva,” kata MotoGP.

Dengan menjalani operasi tersebut Marquez akan melewatkan MotoGP Argentina guna sepenuhnya fokus pada pemulihan dan berharap kembali fit untuk seri berikutnya.