Bos konglomerat jalan tol Jusuf Hamka. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Jusuf Hamka lebih dikenal sebagai sosok pengusaha jalan tol dalam kota. Ia menjadi pemilik mayoritas saham di bisnis konstruksi PT Citra Marga Nusaphala Persada senilai Rp15 miliar. Sedangkan total kekayaannya disebut mencapai belasan triliun rupiah.

Dikenal sebagai konglomerat, pria yang juga akrab disapa Babah Alun itu ternyata lebih gemar berpakaian sederhana. Jusuf Hamka bahkan masih memakai celana yang telah 20 tahun dipakainya. Ia blak-blakan mengungkap harga outfit yang dipakainya saat menjadi bintang tamu podcast Helmy Yahya.

“Dari dulu ya, dari saya masih kerja di Indosiar, gue sebut aja, beliau komisaris sampai sekarang nih, jeans beli di mana nih pak?” tanya Helmy Yahya, dikutip dari video podcast di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara yang tayang pada 15 Maret 2022. “Ciampelas (Bandung). Alhamdulillah,” jawab Jusuf Hamka.

Ketika ditanya harganya oleh Helmy Yahya, Jusuf Hamka juga tidak ragu untuk mengungkapnya. “Rp150 ribu. Ini udah hampir 20 tahun nih jeans, udah belel,” ucapnya.

Kemudian Helmy Yahya bertanya tentang jam tangan yang dipakai Jusuf Hamka. Rupanya jam tersebut dari brand Jepang, Seiko, di mana rata-rata harga produk tersebut kisaran Rp1 juta sampai Rp8 juta.

Helmy Yahya penasaran kenapa Jusuf Hamka tidak memakai jam tangan yang harganya mencapai milyaran rupiah agar lebih mewah.

“Muternya sama, gak ada yang lebih cepat juga dan gak bikin juga tambah hoki kan, gak bikin tambah kaya. Dibacok orang iya kalau mahal. Kalau ini siapa yang mau,” timpal Jusuf Hamka.

Sementara itu, sepatu yang digunakan Jusuf Hamka juga bukan barang mahal jutaan rupiah. “Pakalolo buatan lokal,” ungkapnya.

Ia bahkan membuka sepatunya untuk membuktikan merek sepatu tersebut kepada Helmy Yahya. Jusuf Hamka menyebut kalau harga sepatunya hanya Rp300 ribu. “Tapi baju agak mahalan, dong, Lacoste,” timpal Helmy Yahya lagi.

Diketahui harga kemeja dari brand asal Paris itu rata-rata di atas Rp1 juta. Meski mahal, ternyata Jusuf Hamka tidak membeli sendiri kemeja tersebut.

“Ini baju Lacoste ini kasio, pas ulang tahun dikasih orang haha,” jawabnya.

Jusuf Hamka menyampaikan kalau kekayaan yang dimilikinya saat ini memang tidak mengubah gaya hidupnya sama sekali. Ia mengaku kalau dirinya justru kerap kali merasa tidak cocok memakai barang terlalu mahal.

“Terbiasa pakai barang-barang yang gak bikin gatal badan. Jadi kalau pakai yang mahal-mahal badannya malah gatel, gak cocok saya,” ujarnya. **