Cara Solusi, Jokowi Utus Erick Thohir Bertemu Dengan FIFA
Presiden Jokowi. (Foto:Inet)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menemui tim FIFA guna mencari solusi mengenai penolakan keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Dia menyebut, pemerintah dan PSSI berupaya mendapat solusi terbaik soal keterlibatan Timnas Israel.

“Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, tetapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (28/3/2023).

“Untuk itu, saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik,” sambungnya.

Dia menjelaskan, Indonesia selalu berpegang teguh dan konsisten memperjuangkan serta mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Jokowi menekankan Indonesia mendukung penyelesaian solusi dua negara, negara Israel dan negara Palestina merdeka.

“Ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral forum multilateral maupun forum internasional lainnya,” ujarnya.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 2023 tak ada kaitannya dengan politik luar negeri Indonesia yang mendukung Palestina.

Dia pun sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesoa bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya.

“Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik,” ucap Jokowi.