Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berdialog dengan pedagang pakaian bekas impor di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendatangi pedagang pakaian bekas impor (thrifting) di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Kedua menteri itu melakukan dialog dengan pedagang soal pakaian bekas impor ilegal.

Dialog dilakukan secara tertutup di Blok III Pasar Senen, dan dipandu oleh anggota DPR RI Adian Napitupulu.

Usai melakukan dialog, Zulkifli Hasan dan Teten Masduki menceritakan hasil pertemuan dengan perwakilan pedagang kepada ratusan pedagang pakaian impor bekas.

Zulkifli Hasan menjelaskan, perdagangan harus mematuhi peraturan yang adadi Indonesia.

“Kita bekerja ada UU. Begitu juga perdagangan, ekspor, impor diatur UU,” kata Ketua Umum PAN itu di hadapan para pedagang Pasar Senen.

Dia menjelaskan, berdasarkan UU, impor pakaian bekas tidak diperbolehkan. Apalagi yang masuk ke Indonesia secara ilegal dengan cara diselundupkan.

“Ada pasal yang dijerat bagi yang menjual, mengedarkan, bahkan yang memakai ada juga pasalnya. Tadi kita berdiskusi khusus pakaian bekas ini, yang dikejar yang penyelundupnya,” ucap Zulkifli Hasan.

Kepada para pedagang, dia menegaskan pemerintah kini tengah fokus memberantas para oknum penyelundup. Sedangkan untuk para pedagang, pemerintah memberikan kelonggaran waktu untuk tetap berjualan.

“Meski berdasarkan aturannya enggak boleh, saya, Pak Teten, dan Pak Adian menjamin tetap boleh dagang sampai stoknya habis,” ujarnya.

“Yang kami sedang bicarakan dengan penegak hukum di mana pun berada akan kita kejar pelaku penyelundupannya. Itu dulu yang pertama,” sambungnya.