Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri dan pejabat negara meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jumat (31/3/2023). (Foto: Instagram/Jokowi)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali pekan depan. Beberapa nama calon Menpora sudah diajukan Partai Golkar ke Jokowi.

Awalnya Jokowi menjawab pertanyaan soal Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru yang akan menggantikan Komjen Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Jokowi mengatakan akan melantik Ketua BNPT yang baru pekan depan.

“Sudah (nama Kepala BNPT baru),” kata Jokowi usai meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jumat (31/3/2023).

Presiden Jokowi kembali ditanya, apakah pelantikan Kepala BNPT akan digelar berbarengan dengan pelantikan Menpora baru. Jokowi kembali menjawab ‘minggu depan’. “Minggu depan,” kata Jokowi menegaskan.

Daftar Calon Menpora

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan nama calon Menpora sudah di kantong Presiden Jokowi, dan sepenuhnya merupakan kewenangan presiden untuk memutuskan siapa yang akan mengisi posisi Menpora yang ditinggalkan Zainudin Amali.

“Sudah ada di kantongnya beliau,” kata Airlangga di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (24/3) lalu.

Menko Perekonomian ini mengaku sudah menyerahkan sejumlah nama calon Menpora kepada Presiden Jokowi. Salah satunya calon Menpora itu ciri-cirinya muda dan seorang perempuan.

“Yang muda, perempuan, nama sudah diserahkan,” ujar Airlangga Hartarto.

Namun, dia menolak untuk menyebutkan nama-nama calon Menpora itu. Menurut dia, nama calon Menpora yang diserahkan ke Jokowi merupakan laki-laki dan perempuan. “Ada laki-laki, ada juga perempuan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan nama-nama calon Menpora yang diserahkan Jokowi sesuai dengan kriteroa yang diinginkan presiden.

“Ketua umum (Airlangga Hartarto) sudah menyerahan nama-nama calon Menpora ke presiden. Ada tiga nama yang kita serahkan, tinggal tunggu saja siapa yang dipilih,” kata Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3).

Awal Maret lalu, politikus Partai Golkar Muhamad Fauzi mendengar ada tiga nama di partainya yang didorong menjadi Menpora. Ketiga nama itu adalah Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

“Yang saya dapat informasi dari media ada tiga nama yang didorong. Ada Putri, ada Ilham, satu lagi Dito. Nah, tiga nama itu. Biar Presiden nanti memilih,” kata Fauzi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3).

Dia menilai ketiga nama tersebut merupakan kader terbaik Golkar dan berpotensi menjadi Menpora.

“Ya ketiganya merupakan salah satu dari sekian banyak kader terbaik yang dimiliki Golkar. Makanya didorong, karena kalau tidak menjadi kader terbaik, tidak mungkin didorong. Karena ini menjadi marwah partai,” jelasnya.