Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023). Hadir para ketua umum partai politik koalisi pemerintah, minus PDIP dan Partai Nasdem. Ada apa?

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku kepalanya sempat kleyengan alias dibuat pusing dalam dua pekan terakhir gara-gara Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Jokowi menegaskan, untuk dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia sangat sulit. Dan, keputusan FIFA yang membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat kepalanya pusing.

“Yang namanya urusan sepak bola ini memang membuat kepala saya pusing dalam dua minggu terakhir ini, pusing betul. Sangat sulit sekali untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara Silaturahmi Ramadan di kantor DPP PAN, Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

Kata dia lagi, ada puluhan negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jokowi menyebutkan, selama tiga pemerintah telah menyiapkan infrastruktur dan memperbaiki fasilitas demi gelaran Piala Dunia U-20.

“Yang mengajukan buka satu dua tiga negara saja, tapi puluhan, negara yang mengajukan. Lobi sana, lobi sini, menyampaikan kesiapan infrastruktur, fasilitas-fasilitas, dan akhirnya terakhir 3 negara, termasuk kita dipilih. Kita menyiapkan selama tiga tahun, lapangannya dicat perbaiki, dicat lagi, diperbaiki dicat lagi, tidak semudah itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, acara Silaturahmi Ramadhan ini dihadiri oleh Presiden Jokowi dan enak ketua umum parpol koalisi pemerintah minus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan tiga parpol pendukung pencapresan Anies Baswedan yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS.

“Acaranya silaturahmi bersama Pak Presiden (Jokowi) dengan ketua umum parpol dan keluarga besar PAN, Insya Allah akan dihadiri Pak Jokowi, tentu Ketua Umum PAN Bang Zul (Zulkifli Hasan), Ketua Umum Gerindra (Prabowo Subianto), Ketua PKB (Muhaimin Iskandar), Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto), dan Ketua Umum PPP (Mardiono),” kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

Yandri menyebut para tokoh politik yang diundang itu akan diagendakan melakukan sholay Dzuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan khusus para ketua umum parpol dan Presiden Jokowi di lantai 3 kantor PAN.

“Acara akan diawali dengan sholat dzuhur berjamaah, kemudian akan ada kata pengantar dari Bang Zul sebagai tuan rumah. Setelah itu ada doa dari Gus Miftah dan ada sambutan Pak Presiden,” jelas Yandri.

“Setelah itu nanti Pak Presiden bersama para ketua umum parpol akan pindah ke ruang atas, di lantai tiga. Di sana akan ada pembicaraan yang akan diikuti Pak Presiden dengan para ketua umum parpol, yang lainnya enggak ikut. Isi pertemuannya belum tahu,” sambung Yandri.

Disinggung soal partai pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (PPP), yakni Nasdem, PKS dan Demokrat, Yandri menyebut ketiga partai itu tidak diundang lantaran tidak masuk dalam daftar undangan. Namun, Yandri tidak menjelaskan penyebab ketidakhadiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yandri menegaskan, yang diundang telah mendapat restu dari Presiden Jokowi.

“Alasannya (tak diundang), mungkin teman-teman sudah tahu kali ya,” jawabnya sambil tertawa.

“Saya enggak tahu pertimbangannya apa. Pertemuan ini kan dirancang oleh beberapa ketua umum parpol, tentu atas restu Pak Presiden. Itu yang diundang,” pungkas Yandri.

5 Parpol Masuk “Tim Jokowi”

Di tempat yang sama, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan pembicaraan para pemimpin parpol dengan Presiden Jokowi di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). (Foto: Instagram/Zulkifli Hasan)

Kata Prabowo, ada kemungkinan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diinisiasi oleh Gerindra dan PKB melebur menjadi satu dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diiniasi oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP.

“Tadi sudah disampaikan oleh Pak Presiden (Jokowi) sangat jelas. Kita tadi banyak membahas ke arahnya komitmen kebangsaan dan bagaimana menjamin keberlangsungan pembangunan. Jadi itu yang kita bicarakan,” kata Prabowo.

Prabowo menyebut ada frekuensi yang sama antara Gerindra, PKB, PAN, Golkar, dan PPP. Dia menekankan, kelima parpol ini sudah masuk “Tim Jokowi”.

“Ternyata ada kesamaan visi dan misi. Jadi kita merasa ada frekuensi yang sama. Ada kecocokan dan kalau dilihat, pimpinan partai kita semuanya masuk timnya Pak Jokowi, ya kan,” ucap Prabowo.

Prabowo lantas membuka kemungkinan dua koalisi ini untuk melebur menjadi satu. Menurutnya yang terpenting jalinan komunikasi di antara kedua koalisi ini semakin intens.

“Nanti kita lihat prosesnya. Terpenting komunikasi akan bertambah intens. Kita belum bicara soal ke arah capres-cawapres,” pungkas Prabowo.

Nasdem Pertanyakan Ketidakhadiran PDIP

Ketidakhadiran PDIP di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, dipertanyakan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali. Dia bertanya, apakah PDIP ditinggal oleh Jokowi dan parpol pemerintah lainnya, sehingga tidak diajak membicarakan wacana pembentukan Koalisi Besar.

“Kalau memang partai-partai ini bergabung, berarti PDIP ditinggal dong,” ujar Ali, Minggu (2/4/2023).

Meski begitu, menurut Ali, PDIP tetap bisa mencalonkan capresnya sendiri tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain, karena PDIP menjadi satu-satunya parpol yang memenuhi persyaratan presidential threshold (PT).

“PDIP kan bisa mencalonkan sendiri capresnya, karena memenuhi persyaratan,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

FIFA Batalkan Status Tuan Rumah Indonesia

Seperti diketahui, FIFA memutusan membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah,” demikian bunyi pernyataan FIFA pada Rabu (29/3).

FIFA mengatakan, pihaknya akan segera mengumumkan negara pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Tak hanya itu, FIFA tidak menutup kemungkinan Indonesia juga akan terkena sanksi imbas dari penghapusan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Timnas Garuda U-20. (Foto: Instagram/Jokowi)

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” jelas FIFA.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” sambung FIFA.

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dipicu dengan penolakan dari sejumlah partai politik yakni PDIP dan PKS, serta beberapa ormas.

Khusus dengan PDIP, penolakan diucapkan melalui dua kadernya yang menjabat sebagai kepala daerah, yakni Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Padahal dua wilayah itu merupakan dua dari enam wiayah di Indonesia yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20.

Terlebih lagi, sebelumnya Wayan Koster dan Ganjar Pranowo menyatakan kesediaan wilayahnya dijadikan lokasi pertandingan Piala Dunia U-20. Namun, jelang pelaksanaan drawing di Bali, Jumat (31/3), keduanya menyatakan menolak kehadiran timnas Israel, karena negara itu menjajah Palestina.