Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersalaman dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram/Ganjar Pranowo)

SOLO, Eranasional.com – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertolak ke Semarang untuk menemui Gubernur Jawa Tengah Gajar Pranowo. Ada apa ya?

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu membenarkan dirinya dipanggil oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Namun, dia tidak tahu apa yang menjadi penyebab dirinya dipanggil oleh Ganjar.

“Ditunggoni (ditunggu) Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) di Semarang. (Acara apa) ora ngerti (tidak tahu),” kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (3/4/2023).

Dia mengaku pemanggilan tersebut dilakukan secara mendadak.

“Mendadak, aku tak mangkat ning Semarang sik ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka memastikan bahwa hubungannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo baik-baik saja dan tidak ada masalah meski beda pendapat mengenai penolakan terhadap timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20 yang seharusnya Indonesia menjadi tuan rumah.

Gibran mengaku sempat berkomunikasi dengan Ganjar beberapa waktu yang lalu.

Isi Pembicaraan Ganjar-Gibran

Usai bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah di Puri Gedeh, Semarang, Senin (3/4/2023), Ganjar Pranowo mengantarkan Gibran ke mobil dinasnya.

Gibran mengatakan tidak ada pembahasan khusus dalam pertemuann dirinya dengan Ganjar Pranowo.

“Silaturahmi aja. Masalah pekerjaan aja,” kata Gibran di samping Ganjar Pranowo.

Dia menjelaskan, salah satu yang ia laporkan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo adalah perkembangan dan kendala pekerjaan Single Elevated Railway.

“Itu kan kolaborasi antara Pemerinth Pusat, Pemprov  dan Pemkot. Saya harus melaporkan kendala-kendala di lapangan seperti apa dan lain-lain. Itu aja,” kata Gibran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kedatangan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di rumah dinasnya di Puri Gedeh, Semarang, Senin (3/4/2023). (Foto: Dok Pemprov Jateng)

Disinggung soal pasca perbedaan pendapat antara dirinya dengan Ganjar terkait Piala Dunia U-20, Gibran menyatakan tidak membahas persoalan tersebut.

“Enggak, enggak bahas itu. Pokoknya saya sebagai bawahan siap untuk menjalankan perintah dari atasan, yaitu Pak Gubernur. Sudah itu aja,” ujarnya.

Menurut Gibran soal Piala Dunia U-20 tidak perlu dibahas lagi. Dia juga menegaskan tidak ada masalah antara dirinya dengan Ganjar karena keduanya berkominikasi dengan baik.

“Semuanya clear kok, tenang aja,” pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo membenarkan apa yang disampaikan Gibran.

Ganjar memberi perhatian pada soal inflasi. Sebab, Solo menjadi satu dari tujuh sampel dengan tingkat inflasi paling dinamis.

“Itu yang coba kita sampaikan. Ya Mas Wali (Gibran) menyampaikan program PSN gede-gede, rencana beberapa program dari Pemkot Solo yang sebagian besar industri kreatifnya mau kita dorong,” jelas Ganjar.

Dalam pertemuan itu, Gibran memaparkan sejumlah event yang akan digelar di Solo.

Ganjar menyatakan mendukung apa yang dipaparkan Gibran. “Ya mungkin banyak event lagi yang mau digelar, karena kemarin seni ada, olahraga ada, industri kreatif ada, pokoknya kita dukung,” ujarnya.