Presiden Joko Widodo dan ketua umum partai politik hadir di acara Silaturahmi Ramadhan yang digelar di kantor DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

JAKARTA, Eranasional.com – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Doli Kurnia mengatakan partainya sangat terbuka untuk membentuk koalisi besar. Termasuk jika PDIP ingin bergabung ke dalamnya.

“Kita terbuka saja dengan partai mana pun. Judulnya saja membangun koalisi besar. Kalau pada akhirnya semakin besar koalisinya, ya semakin bagus,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Doli menyebut wacana koalisi besar memberikan hal yang positif bagi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Dia mengungkapkan, hingga saat ini PDIP masih ingin sendiri.

“Sementara ini kan yang ketemu KIB dan KIR, kalau PDIP sampai sekarang masih mengambil posisi, mereka merasa bisa mengambil kekuatan sendiri dan itu kita hormati,” ungkap Doli.

Menurut Doli, untuk membangun koalisi besar pertemuan tak cukup hanya sekali dua kali saja. Ia menyinggung awal terciptanya KIB.

“Tentu untuk merumuskan koalisi besar itu enggak mungkin cukup hanya satu kali pertemuan, tapi diteruskan. Sama seperti waktu kami membentuk KIB. Sebelum atau setelah deklarasi ada pertemuan-pertemuan selanjutnya,” tuturnya.

“Untuk membangun kesepahaman, Partai Golkar ketemu PAN dan PPP, kemudian dibuat tim. Tim tersebut kemudian merumuskan kira-kira apa dasar-dasar yang bisa buat kita duduk bersama, setelah itu kita sepakati untuk deklarasi,” jelasnya.

“Setelah deklarasi dibentuk lagi agenda-agenda kerja. Jadi saya kira, harus ada pertemuan berikutnya untuk mematangkan,” sambungnya.