Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram/Ganjar Pranowo)

JAKARTA, Eranasional.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan dirinya tidak menyesal melontarkan penolakan terhadap kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya dilaksanakan di Indonesia. Apakah itu artinya, Ganjar juga tidak menyesal perhelatan Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia?

“Tidak, saya tidak pernah menyesal lantaran ini adalah sikap. Ini keputusan yang kita ambil,” kata Ganjar Pranowo saat melakukan perbincangan dengan Najwa Shihab di akun YouTube yang dikutip, Jumat (7/4/2023).

Ganjar menyatakan tidak pernah ragu terhadap mengambil keputusan dalam konteks Piala Dunia U-20, apalagi soal Israel. Meskipun keputusan itu tidak disetujui oleh sejumlah pihak.

“Saya tidak pernah ragu akan keputusan yang saya ambil,” ucapnya.

Namun, di sisi lain, Ganjar menyampaikan permohonan maafnya kepada para pemain timnas Indonesia U-20.

Politisi PDIP ini menjelaskan, Indonesia punya komitmen untuk ikut mendukung perdamaian di dunia dan penghapusan penjajahan, khususnya mendukung kemerdekaan Palestina.

“Itu menjadi kontrak sosial kita. Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan keadilan. Dan tentu saja ada juga politik luar negeri kita yang bebas aktif, turut serta dalam perdamaian dunia dan itu dilakukan,” ujarnya.

Menurut Ganjar, Indonesia konsisten menerapkan konstitusi itu sejak zaman Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).