Ilustrasi pemudik Lebaran. (Foto: Net)

JAKARTA, Eranasional.com – Terminal Grogol, Jakarta Barat mulai ramai pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran 2023.

Di Terminal Grogol Jakbar, pemudik akan menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, seperti Wonogiri, Jepara, Semarang, Solo, Malang serta Surabaya.

Tika, pemudik tujuan Wonogiri mengaku tempat bekerjanya sudah diliburkan. Dia sengaja pulang kampung lebih cepat untuk menghindari macet dan kenaikan harga tiket.

“Menghindari macet, kerjaan di sini sudah selesai, pulang kampung sama suami ke Wonogiri,” ujar Tika, Senin (10/4/2023).

Sementara itu, Kepala Terminal Grogol, Bona Tongam Siregar memastikan belum ada kenaikan harga tiket di Terminal Grogol.

Terminal Grogol juga telah mengantisipasi bila terjadi penumpukan di terminal yang berukuran kecil tersebut, dengan membatasi bus yang berhenti di dalam terminal. Bus hanya diperbolehkan berhenti selama 20 menit saja.

“Terkait tarif yang digunakan oleh pengurus atau perwakilan operator masih masih normal, tidak ada kenaikan yang mereka terapkan di terminal bus Grogol ini. Antisipasi yang kami lakukan adalah yang pasti kami akan membuat kesepakatan setiap kendaraan yang masuk terminal bus, setelah masuk 20 menit itu sudah harus jalan, sehingga tidak terjadi penumpukan,” ujar Bona.

Diperkirakan gelombang kenaikan pemudik akan terjadi pada Jumat (14/4/2023) akan datang.