Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Kelapa, Kota Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

CILEGON, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Kelapa, Kota Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023). Kunjungannya itu dalam rangka mengecek harga-harga kebutuhan pokok sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada para pedagang di pasar tersebut.

Menurut Presiden Jokowi, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Kelapa cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga di sejumlah pasar di daerah lain. Dia menyebut perbedaan harga tersebut disebabkan oleh proses pendistribusian barang yang masih belum berjalan dengan baik.

“Untuk bawang merah di Boyolali harganya Rp26.000, di sini Rp35.000. Kemudian bawang putih Rp40.000. Jadi memang tiap daerah berbeda-beda, tetapi ini menunjukkan bahwa distribusinya masih belum baik,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Meski harga sejumlah kebutuhan pokok cukup tinggi, Jokowi memastikan bahwa ketersediaan kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 masih terkendali. Namun, Jokowi berharap terjadi kestabilan harga kebutuhan pokok di setiap daerah di Tanah Air.

“Kalau stok enggak ada masalah. Tapi yang paling penting kita ingin menjaga agar harga itu ada kestabilan atau turun. Itu yang kita harapkan,” ucapnya.

Jokowi meyakini pemerintah daerah akan melakukan berbagai cara untuk menjaga kestabilan harga sejumlah kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga inflasi dan daya beli masyarakat.

“Ya pemerintah daerah tahu lah apa yang harus dilakukan untuk menjaga inflasi harus diintervensi seperti apa tahu semuanya,” tutur Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Pasar Kelapa adalah Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.