Cristalino David Ozora alias David dan ayahnya, Jonathan Latumahina. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Eranasional.com – Cristalino David Ozora (17), korban penganiayaan Mario Dandy Satriyo (20), akan menjalani perawatan lanjutan di rumah. David akan keluar dari rumah sakit Minggu (16/4/2023) besok.

“Besok ada press conference sebelum David keluar dari rumah sakit,” kata perwakilan keluarga David, Alto Luger, Sabtu (15/4/2023).

Alto mengatakan David masih membutuhkan terapi kognitif dan motorik untuk 6 bulan ke depan. Namun, lanjutnya, David sudah diperbolehkan oleh dokter untuk menjalani perawatan dari rumah.

“Kondisi David saat ini masih perlu terapi kognitif dan motorik untuk enam bulan ke depan. Karena masa kritisnya sudah dilalui, tim dokter merujuk untuk lanjut perawatan di rumah (home care),” jelasnya.

Cristalino David Ozora alias David terbaring di ruang perawatan RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selata, saat dijenguk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Istimewa)

Meski sudah dirawat di rumah, kata Alto, David belum bisa dikunjungi secara bebas. Dia menyebutkan perawatan yang akan diterima David di rumah sama seperti perlakuan saat dirawat di ruang intensive care unit (ICU).

“Perlakuan home care ini sama seperti ICU, yaitu tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan RS, oksigen concentrate dan monitor EKG,” terang Alto.

“Karena masih masuk pada penanganan perawatan tingkat tinggi (HCU) maka David belum bisa dikunjungi secara bebas,” pungkasnya.