Timnas Argentina U-20. (Foto: Reuters)

JAKARTA, Eranasional.com – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia.

Presiden Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Claudio Tapia, menyambut bergembira keputusan FIFA tersebut. Dia bahkan mengucapkan terima kasih kepada para gubernur sehingga Argentina terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Saya ingin berterima kasih kepada masing-masing gubernur karena telah menyediakan segalanya sehingga pagelaran Piala Dunia U-20 bisa dilaksanakan di Argentina,” kata Tapia, dikutip dari laman resmi AFA, Kamis (20/4/2023).

Dia memastikan Argentina akan menyambut dan membantu semua tim yang sudah dipastikan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini disampaikan tentu saja tak terlepas dari polemik keikutsertaan Timnas Israel U-20 di ajang itu yang mendapat penolakan dari masyarakat Indonesia sehingga memaksa FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah.

Timnas Argentina U-20. (Foto: Net)

Sejumlah pihak di antaranya yang menolak kehadiran Timnas Israel U-20 di Indonesia adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan juga Gubernur Bali I Wayan Koster.

Lucunya, padahal, Jawa Tengah dan Bali merupakan salah satu dari beberapa venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

“Kami ingin menemani semua tim yang berpartisipasi dan FIFA, yang telah bekerja dalam waktu singkat,” ucap Tapia.

Pada Selasa (18/4/2023) dini hari WIB, FIFA resmi mengumumkan Argentina sebagai tuan rumah baru Piala Dunia U-20 2023. Argentina menggantikan posisi Indonesia.

Keputusan itu memang tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, Argentina memang telah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA mencoret nama Indonesia.

Bagi Indonesia, usai gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 pun dipastikan batal tampil. Tak hanya itu, Indonesia juga terkena sanksi dari FIFA.

Beruntung, sanksi yang diberikan hanya berupa administratif. Timnas Indonesia pun tetap diperkenankan untuk tampil di berbagai turnamen resmi FIFA ke depannya.

Usai menentukan tuan rumah pengganti Indonesia, FIFA memastikan Piala Dunia U-20 2023 akan digelar sesuai jadwal, yakni pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Drawing grup Piala Dunia U-20 2022 pun akan dilangsungkan pada Jumat 21 April 2023 di markas FIFA, Zurich, Swiss.