Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menjalankan ibadah salat Ied di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

SOLO, Eranasional.com – Presiden Jokowi mengucapkan selamat Idulfitri 1444 Hijriah kepada seluruh rakyat Indonesia. Untuk pertama kalinya Jokowi melangsungkan ibadah salat Ied di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Seusai melaksanakan salat Ied, Jokowi jalan keluar masjid bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Saya ingin menyampaikan buat seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote yang hari ini merayakan Idulfitri. Selamat hari raya Idulfitri 1444 Hijriah mohon maaf lahir dan batin,” ujar Jokowi.

“Hari ini memang adalah salat yang pertama yang dilaksanakan di Masjid Raya Skeikh Zayedh di Solo,” ujarnya.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Surakarta diresmikan Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirate Arab, Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan pada 14 November 2022.

Sebagai tindak lanjut, kedua pihak pada 12 Januari 2023 telah menandatangani kesepakatan pengelolaan bersama Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Masjid ini memiliki luas 8.000 meter persegi dan dibangun hingga dua lantai. Menariknya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini juga dilengkapi empat menara dan satu kubah utama.

Total, Masjid Raya Sheikh Zayed memiliki sebanyak 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih. Masjid megah ini mampu menampung jemaah sampai dengan 10.000 orang, sementara untuk bangunan intinya bisa menampung hingga 4.000 orang.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun dengan nuansa emas  dan putih. Pada malam hari, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini dihiasi dengan lampu berwarna biru yang menambah kemegahan dinding putih dan lampu kuningnya.

Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tetap memiliki sentuhan unsur budaya Indonesia, salah satunya adalah di bagian lantai masjid terdapat hiasan motif batik, yaitu batik kawung. **